20 Ribu Bibit Lobster Senilai Rp 3,5 Miliar Hendak Diselundupkan ke Singapura

Rabu, 17 April 2019 02:01 Reporter : Irwanto
20 Ribu Bibit Lobster Senilai Rp 3,5 Miliar Hendak Diselundupkan ke Singapura TNI AL Palembang Gagalkan Penyelundupan 20 Ribu Bibit Lobster. ©2019 Merdeka.com/Irwanto

Merdeka.com - Pos Pemantau (Posmat) TNI Angkatan Laut Nipah Panjang dalam naungan Lanal Palembang mengamankan 20 ribu bibit lobster jenis mutiara dan pasir yang bakal diselundupkan ke Singapura. Sementara pengirim langsung kabur saat penangkapan.

Ribuan baby lobster senilai Rp 3,5 miliar itu diamankan tim F1QR Posmat Nipah Panjang dan Tim Intel Lanal Palembang di alur Sungai Lokan, Desa Sungai Jeruk Nipah Panjang, Tanjabtim, Jambi, Senin (15/4) malam. Ketika itu, petugas melihat kapal jenis speedboat yang mencurigakan.

Petugas pun mendekat dan dua orang pelaku langsung kabur karena takut ditangkap. Petugas pun mendapati 20 ribu bibit lobster di dalam kapal yang disimpan dalam 10 box styrofoam masing-masing 10 ribu bibit lobster jenis mutiara dan 10 ribu ekor lobster jenis pasir.

Danlanal Palembang Letkol Laut (P) Saryanto mengungkapkan, barang bukti saat ini diserahkan ke Dinas Perikanan Jambi. Rencananya besok Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan memimpin melepasliarkan di perairan Natuna.

"Dugaannya akan diselundupkan ke Singapura. Tapi pelaku langsing melarikan diri," ungkap Saryanto, Selasa (16/4).

Menurut dia, pengungkapan kasus penyelundupan bibit lobster baru pertama kali terjadi di wilayah hukum Palembang dan Jambi. Disinyalir lobster tersebut bukan berasal dari dua provinsi itu.

"Pemiliknya masih lidik. Saat dilakukan penangkapan tidak ada dokumen yang ditemukan di kapal, hanya ada speedboad tanpa nama," pungkasnya. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini