2 WN Filipina Ditangkap Selundupkan 1 Kg Sabu di Perbatasan RI-Malaysia

Sabtu, 12 Januari 2019 03:38 Reporter : Saud Rosadi
2 WN Filipina Ditangkap Selundupkan 1 Kg Sabu di Perbatasan RI-Malaysia WN Filipina Selundupkan 1 Kg Sabu. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - TNI AD yang bertugas sebagai Satgas Pamtas RI-Malaysia dari Yonif Raider 61/Raja Alam bersama Ditresnarkoba Polda Kalimantan Utara, menggagalkan penyelundupan 1 kg sabu di perairan Sebatik, Nunukan. Dua WNA Filipina ditetapkan sebagai tersangka.

Kedua WNA Filipina itu ditangkap Minggu (6/1) pagi, di perairan Sungai Tawan, Kecamatan Sebatik, di Nunukan, Kalimantan Utara, saat melintas di Sungai Tawan, menggunakan perahu motor.

"Awalnya kami dapatkan informasi dari masyarakat, ada penyelundupan sabu melalui jalur Sei Tawan. Jadi, kita lakukan penyelidikan," kata Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 613/Raja Alam, Letkol Inf Fardin Wardhana, dalam keterangan tertulis diterima merdeka.com, Jumat (11/1) sore.

Tim gabungan segera meluncur ke sekitar Sungai Tawan. Petugas melihat perahu motor dengan 2 orang penumpang dengan gelagat mencurigakan. Diduga, kedua orang di perahu itu merasa telah diintai.

"Jadi, begitu kita lakukan pengejaran, terlihat salah satu dari 2 orang di perahu itu, ada yang membuang bungkusan ke perairan," ujar Fardin.

"Terus kita kejar, dan tim berhasil menghentikan perahu jtu. Kita periksa, ternyata 2 orang di perahu itu warga Filipina. Bungkusan yang dibuang itu, ternyata isi sabu kurang lebih 1 kilogram," tambah Fardin.

Akhirnya, kedua WN Filipina dan barang bukti itu dibawa ke markas komando taktis Satgas Pamtas Yonif 613/Raja Alam. "Kemudian kita serahkan ke Polda Kaltara, untuk proses pemeriksaan lebih lanjut," terang Fardin.

Digagalkannya penyelundupan sabu di sungai Tawan, bukan pertama kalinya. "Dari hasil penyidikan, para tersangka merupakan bagian dari jaringan narkotika antar negara (kurir) yang sering melakukan kegiatan penyelundupan narkotika ke Indonesia," jelas Fardin. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini