1.700 Ton Sampah Diangkut dari Kali Pisang Batu Bekasi

Jumat, 11 Januari 2019 23:30 Reporter : Adi Nugroho
1.700 Ton Sampah Diangkut dari Kali Pisang Batu Bekasi Sampah di Kali Pisang Batu. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Sedikitnya 1.700 ton sampah diangkut dari aliran Kali Pisang Batu, Desa Pahlawan Setia, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. Dinas Lingkungan Hidup setempat menargetkan proses pembersihan selesai besok siang.

"Sisa sampah yang ada di kali sekarang masih sekitar 20 persen," ujar Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Dodi Agus Suprianto, Jumat (11/1).

Menurut Dodi, pihaknya menerjunkan dua alat berat dan belasan mobil pengangkut sampah ke lokasi. Ia mengatakan, petugas bekerja mulai Sabtu lalu untuk membersihkan aliran kali sepanjang ribuan meter yang dipenuhi sampah plastik dari rumah tangga dan pasar tradisional.

"Satu truk bisa mengangkut hingga empat rit dalam sehari," kata Dodi.

Ia mengatakan, sejauh ini sampah-sampah yang diangkut dari aliras Kali Pisang Batu dibuang ke lahan kosong milik warga di sekitar Kecamatan Tarumajaya sebagai bahan urugan. Pasalnya, sampah yang diangkut bukan murni berisi sampah melainkan bercampur dengan lumpur.

"Kalau dibuang ke TPA tidak memungkinkan, karena faktor jarak yang cukup jauh. Bahkan, bisa memakan waktu berbulan-bulan," ujar Dodi.

Ke depan, Dodi bakal menempatkan petugas kebersihan yang memantau kondisi kali dari sampah. Termasuk memasang jaring di perbatasan dengan Kota Bekasi. Sebab, Dodi menyebut sebagian besar sampah disumbangkan oleh Kota Bekasi karena hulu sungai tersebut berasal dari sana.

"Meskipun ada juga sampah yang bersumber dari wilayah kami," kata dia.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi tak menampik sebagian sampah di Kali Pisang Batu berasal dari wilayahnya. Karena itu, mulai dari ini tim pematusan mulai mengangkut ratusan ton sampah yang menumpuk di Kali Bancong, hulu Kali Pisang Batu.

"Marilah kita bekerja sama, karena kita bagian integral Jawa Barat, kota dan kabupaten, dan mari kerja sama dari kawasan nasional untuk membangun rakyatnya yang namanya rakyat Indonesia," kata Rahmat Effendi. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini