1.333 Calon Jemaah Haji asal Malang Berangkat ke Asrama Haji Sukolilo

Kamis, 11 Juli 2019 17:04 Reporter : Darmadi Sasongko
1.333 Calon Jemaah Haji asal Malang Berangkat ke Asrama Haji Sukolilo pengecekan kelengkapan administrasi calon jamaah haji. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Sebanyak 1.333 Calon Jemaah Haji (CJH) diberangkatkan dari Lapangan Rampal, Kota Malang menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. Calon jemaah terdiri dari 1.232 orang asal Kota Malang dan 101 orang dari Kabupaten Malang.

CJH terbagi dalam Kelompok Terbang (Kloter) 15 dan 16 yang masing-masing beranggota 444 orang, diberangkatkan pukul 07.00 WIB. Sedangkan Kloter 17 sebanyak 445 orang CJH yang 101 di antaranya warga Kabupaten Malang, diberangkatkan pukul 09.00 WIB.

Keberangkatan rombongan bus CJH dilepaskan oleh Wali Kota Malang Sutiaji dan Wakil Wali Kota Sofyan Edi Jarwoko. Sanak saudara mengiringi dengan penuh keharuan dan menitikkan air mata.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang, Muhtar Hazawawi mengatakan jemaah akan bertolak ke Madinah, Arab Saudi, dari Asrama Haji Sukolilo, Jumat (12/7) besok, dari Bandara Udara Internasional Djuanda menuju Bandara Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah, Arab Saudi.

"Hari ini menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya," tegas Muhtar di Lapangan Rampal, Kota Malang, Kamis (10/7).

Sutiaji berpesan agar para CJH menjaga kondisi kesehatan selama menjalankan ibadah. Karena pelaksanaan rukun-rukun ibadah haji memang banyak menguras tenaga, sehingga harus menjaga fisik dan psikis agar kelak pulang ke kembali mendapat predikat haji mabrur.

"Karena antre berangkat haji itu puluhan tahun, kalau sudah sampai di sana harus dimanfaatkan sebaik-baiknya," tegasnya.

Sutiaji selanjutnya akan memantau kondisi CJH asal Kota Malang melalui Kementerian Agama. Ia meminta update secara berkala untuk mengetahui perkembangan jemaah.

Sementara itu, CJH tertua asal Kota Malang, laki-laki berusia 92 tahun dan perempuan berusia 91 tahun. Sedangkan CJH termuda laki-laki berusia 19 tahun dan perempuan berusia 20 tahun. Para jamaah haji asal Kota Malang dijadwalkan akan kembali ke Tanah Air pada 22 Agustus 2019. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Haji 2019
  2. Haji
  3. Malang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini