109 Siswa SMA di Jateng raih nilai 100 mata pelajaran Matematika UN 2018

Kamis, 3 Mei 2018 22:23 Reporter : Dian Ade Permana
109 Siswa SMA di Jateng raih nilai 100 mata pelajaran Matematika UN 2018 Siswa SMP luar biasa jalani UN. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Sebanyak 109 siswa SMA di Jawa Tengah mendapat nilai 100 untuk ujian nasional mata pelajaran Matematika. Plt Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Tengah Sulistyo mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima, siswa penerima nilai sempurna itu terdiri dari 64 siswa jurusan IPA, 44 dari IPS, seorang lagi dari jurusan Bahasa.

"Kemarin banyak yang ngeluh ke Pak Mendikbud setelah grade untuk soal penalaran dinaikan 10 persen. Tapi nyatanya lumayan banyak yang mendapat nilai penuh," ujarnya di kantornya, Kamis (3/5).

Menurutnya, hal tersebut menjadi bukti bahwa sulit atau tidaknya soal itu relatif. Selain para siswa tadi, ternyata masih ada ratusan murid lain yang mendapat nilai sempurna pada mata pelajaran Matematika. Mereka adalah peserta ujian siswa SMK dan MA. Menurutnya, ada 670 siswa SMK dan 4 siswa MA yang berhasil mendapat point 100.

"Tapi kita belum bisa pastikan perbandingan dengan tahun lalu karena saya baru terima data sekarang. Kita memang berencana memberikan ini serentak ke sekolah-sekolah sore hari ini. Biar enggak konvoi dan corat-coret," sambungnya.

Dia menambahkan, bagi siswa yang belum mendapat nilai seperti yang diinginkan, untuk mata pelajaran Matematika maupun sisanya, untuk tak perlu berkecil hati. Lantaran UN katanya, bukanlah penentu kelulusan.

"Penentunya memang ujian sekolah, tapi terus jangan disepelekan, karena ini tetap saja syarat kelulusan," katanya.

Sulistyo pun yakin untuk tahun ini siswa-siswi SMA/SMK/MA dapat lulus semua. Karena 90 persen dari 334.631 orang bisa dipastikan berpartisipasi dalam ujian nasional.

"Yang sakit atau ikut olimpiade segera mendaftar ujian susulan," jelasnya. [dan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini