April 2022, BI Catat Kredit Bank Tumbuh 9,1 Persen

Selasa, 24 Mei 2022 17:07 Reporter : Siti Nur Azzura
April 2022, BI Catat Kredit Bank Tumbuh 9,1 Persen Gedung Bank Indonesia. Merdeka.com / Dwi Narwoko

Merdeka.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mencatat kredit perbankan pada April 2022 tumbuh hingga 9,1 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

"Pertumbuhan kredit terjadi di seluruh kelompok bank, serta sebagian besar segmen kredit, dan sektor ekonomi, seiring berlanjutnya pemulihan aktivitas korporasi dan rumah tangga," kata Perry dalam Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulan Mei 2022 di Jakarta, dikutip Antara, Selasa (24/5).

Dari sisi penawaran, standar penyaluran kredit terus melonggar terutama di sektor perdagangan, industri, dan pertanian, seiring menurunnya persepsi risiko kredit. Sementara dari sisi permintaan, pemulihan kinerja korporasi terus berlanjut, tercermin dari perbaikan penjualan, kemampuan membayar, dan belanja modal.

Perry mengatakan, pertumbuhan kredit UMKM juga meningkat sebesar 16,75 persen (yoy) pada April 2022. Dalam rangka mempercepat pemulihan UMKM pasca-pandemi BI bersinergi dengan pemerintah menyelenggarakan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022 pada 26-29 Mei 2022.

Di pasar kredit, suku bunga kredit baru tercatat lebih rendah 43 basis poin (bps) pada periode yang sama, sejalan dengan penurunan suku bunga dasar kredit dan perbaikan persepsi risiko perbankan di tengah berlanjutnya pemulihan aktivitas ekonomi.

Perbankan melanjutkan dukungan pembiayaan ke sektor prioritas, dengan pemberian suku bunga kredit yang relatif lebih rendah dibandingkan kredit sektor non prioritas. BI memandang peran perbankan dalam penyaluran kredit/pembiayaan termasuk melalui penurunan suku bunga kredit dapat ditingkatkan guna semakin mendorong pemulihan ekonomi nasional. [azz]

Baca juga:
Realisasi KUR Bank Mandiri Tercatat Rp 14,41 T per April 2022
Bank Indonesia Catat Kredit UMKM Tumbuh 14,98 Persen di Kuartal I-2022
Ekspansi Pasar, BNI Gandeng JRB Beri Pinjaman ke Perusahaan Asal Jepang
Erick Thohir: Nasabah Ibu-Ibu PNM Mekaar Ciptakan 7,1 Juta Lapangan Kerja
BRIguna Diharapkan Tekan Jumlah Korban Pinjol Ilegal, ini Kelebihannya
Ekonomi Pulih, Bank Indonesia Nilai Perbankan Akan Makin Gencar Salurkan Kredit

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini