Mengenal simbiosis komensalisme dan contohnya di sekitar kita

Rabu, 29 Juni 2016 09:00 Reporter : Dewi Ratna
Mengenal simbiosis komensalisme dan contohnya di sekitar kita Bunga Anggrek. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Di dunia ini, makhluk hidup nggak bisa hidup sendirian. Setiap makhluk hidup berinteraksi dan saling membutuhkan dengan makhluk hidup lainnya. Ada makhluk hidup yang menumpang hidup di tubuh makhluk lainnya, saling memakan, dan masih banyak lagi.

Pernahkah kamu mendengar istilah simbiosis? Dalam ilmu Biologi, dijelaskan kalau simbiosis adalah hidup bersama antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis. Simbiosis dapat dibagi menjadi tiga, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, dan simbiosis komensalisme. Nah kali ini, kita akan bahas lebih banyak tentang apa itu simbiosis komensalisme dan contoh-contohnya.

Simbiosis komensalisme adalah interaksi antara dua makhluk hidup berlainan jenis, salah satu makhluk hidup diuntungkan dan makhluk hidup yang lain tidak dirugikan, misalnya, simbiosis antara anggrek dan pohon mangga serta antara ikan hiu dan ikan remora.

a. Anggrek dan pohon mangga

Kamu tentu pernah melihat tanaman anggrek, kan? Anggrek dapat hidup dengan menempel pada batang pohon mangga dan pohon mangga yang ditempelinya nggak dirugikan karena anggrek dapat membuat makanan sendiri sehingga nggak mengisap makanan dari pohon mangga yang ditumpanginya.

b. Ikan hiu dan ikan remora

Ikan remora yang selalu berdekatan dengan ikan hiu dapat memperoleh makanan dari sisa-sisa makanan yang dimakan ikan hiu. Selain itu, ikan remora mendapat tempat berlindung dari hewan-hewan pemangsa. Ikan hiu nggak dirugikan karena keberadaan kawanan remora kecil ini.

Nah, itulah penjelasan tentang apa itu simbiosis komensalisme dan juga beberapa contohnya. Dengan adanya hubungan simbiosis komensalisme ini, nggak ada individu yang dirugikan. Dengan begitu, nggak ada yang hidupnya terancam atau terganggu. Berbeda dengan simbiosis parasitisme, yang salah satu individu harus dirugikan. [iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini