Raja Low MPV, Ini Kunci Sukses Toyota Avanza di Indonesia

Senin, 7 Agustus 2017 20:40 Reporter : Syakur Usman
Raja Low MPV, Ini Kunci Sukses Toyota Avanza di Indonesia Toyota Avanza 2017. ©2017 Autosearchmanila.com

Merdeka.com - Meski mobil baru semakin bertambah di segmen low MPV, Toyota Indonesia tampak tak terlalu khawatir, terutama atas kehadiran dua pesaing baru mobil andalannya, Toyota Avanza. Di segmen ini, Toyota Avanza adalah rajanya sehingga mempunyai julukan "mobil sejuta umat" sejak 2004. Pada Januari-Juni tahun ini, Toyota Avanza masih memimpin dengan volume penjualan lebih dari 62 ribu unit, atau menguasai pangsa pasar lebih dari 49 persen.

Henry Tanoto, Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM), memaklumi adanya pemain baru di segmen low MPV, karena segmen ini memiliki pasar terbesar di Indonesia. "Kompetisi membuat kami senang, serta menjadikan pilihan lebih banyak dari sisi konsumen," ujarnya.

Salah satu kuncian Toyota Indonesia sehingga Avanza selalu memimpin di segmen low MPV adalah memberikan total package atau paket menyeluruh kepada konsumen di segmen ini.

"Yang terpenting bagi Toyota Indonesia adalah ini bukan sekadar jualan mobil. Toyota memproduksi mobil selalu berdasarkan riset. Hasilnya, Toyota Avanza menawarkan paket lengkap, mulai dari desain, keandalan/durabilitas, harga suku cadang murah, dan resale value yang tinggi," ujar Henry ditanya soal jurus sukses Toyota Avanza hingga kini.

Berdasarkan hasil pengamatan dia terhadap konsumen segmen low MPV, mereka cenderung membutuhkan faktor keandalan kendaraan, resale value tinggi, dan layanan purnajual. Maka itu, Toyota Indonesia terus menambah jaringan dilernya, meski kini lebih dari 300 diler, terbesar di Indonesia.

"Tahun ini kami akan tambah 10 diler baru, dengan fokus di pemeritah kabupetan, karena ekonomi tumbuh di sana," pungkasnya. [gni]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini