Bergeming, Ini Kelebihan Toyota Avanza di Mata Konsumen

Senin, 7 Agustus 2017 20:09 Reporter : Syakur Usman
Bergeming, Ini Kelebihan Toyota Avanza di Mata Konsumen Bergeming, Ini Kelebihan Toyota Avanza di Mata Konsumen. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Mobil baru di segmen pasar paling gemuk di Indonesia, yakni low multipurpose vehicle (MPV), makin banyak. Dua pendatang baru di low MPV itu adalah Wuling Confero S dan Mitsubishi Xpander, meski ini belum nama resminya.

Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini menjadi arena peluncuran kedua mobil baru itu. Keduanya menawarkan daya tarik berbeda; harga murah dan eksterior yang sangat sporty, terutama bagi konsumen di segmen low MPV yang dikuasai Toyota Avanza.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, volume penjualan Toyota Avanza mencapai 62.615 unit per Juni lalu, atau menguasai pangsa pasar lebih dari 49 persen. Pada tahun lalu, penjualan Toyota Avanza lebih dari 122 ribu unit. Tak heran, jika Avanza mendapat label 'Mobil Sejuta Umat' di pasar otomotif nasional.

Lantas, apa tanggapan konsumen Avanza terhadap godaan baru itu?

Rudiyanto, seorang pengguna Toyota Avanza, bergeming dengan daya tarik kedua mobil baru tersebut. Sehari-hari dia menggunakan Avanza 1.3 E lansiran 2012 yang dimodifikasi total menjadi Avanza Veloz dengan tema Lego Tin-Tin.

"Saya tetap menyukai Avanza, karena struktur kendaraannya mencakup semua aspek. Mulai dari ketangguhan, ketersediaan suku cadang, biaya perawatan atau servis yang masuk akal, sampai daya angkut yang fleksibel," ujar Rudi pada Merdeka.com, baru-baru ini.

Pertimbangan lain Rudi adalah harga jual kembali Avanza yang sangat baik di pasaran.

Kata anggota komunitas AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) ini, kelebihan Avanza yang membuatnya jatuh hati sejak semula adalah penggunaan sistem penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD). Sistem ini memang sudah terbukti puluhan tahun kehebatannya, sejak era Corrolla tahun 1972, DX, sampai Kijang generasi pertama hingga sekarang.

"Itu sudah merupakan suatu terapan teknologi yang sangat teruji baik sisi kekuatannya maupun perawatannya," pungkas bapak yang berprofesi sebagai guru ini.

Sementara Chairul M Putra, Ketua Umum AXIC, menegaskan Avanza memiliki keunggulan dari sistem penggerak mobil dan jaringan bengkel yang banyak, lebih dari 300 outlet.

"Melihat kondisi jalan di Indonesia, mobil berpenggerak roda belakang itu cocok, karena banyak tanjakan. Selain itu, jalanan kita juga banyak tidak rata. Jangankan di luar kota, di Jakarta saja banyak yang tidak rata. Untuk itu, diperlukan ground clearance yang cukup tinggi. Avanza sudah terbukti aman," ungkapnya. [gni]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini