Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Mengenal Diet Lacto-Vegetarian dan Manfaatnya untuk Kesehatan, Ini Selengkapnya

Mengenal Diet Lacto-Vegetarian dan Manfaatnya untuk Kesehatan, Ini Selengkapnya Ilustrasi diet. ©shutterstock.com/Hirurg

Merdeka.com - Lacto-vegetarian adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seorang vegetarian yang tidak mengonsumsi telur, tetapi mengonsumsi produk susu. Lacto-vegetarian adalah pola makan "vegan plus produk susu". Pola diet ini dipilih karena lebih fleksibel namun tetap bermanfaat.

Dengan kata lain, pola makan lakto-vegetarian mencakup semua makanan nabati, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan, serta produk susu seperti susu, keju, mentega, keju kambing, susu kambing, dan produk lain yang dibuat dari bahan-bahan tersebut.

Namun, Anda tetap harus mempertimbangkan beberapa faktor untuk memastikan diet yang sedang dijalani adalah diet yang sehat dan seimbang. Artikel ini akan membahas manfaat dan kerugian dari diet lacto-vegetarian secara lebih terperinci.

Mengenal Diet Lacto-Vegetarian

Diet lacto-vegetarian adalah variasi dari vegetarianisme yang tidak menyertakan daging, unggas, makanan laut, dan telur dalam konsumsi sehari-hari. Tidak seperti beberapa diet vegetarian lainnya, diet lacto-vegetarian memasukkan produk susu tertentu, seperti yogurt, keju, dan susu untuk dikonsumsi.

Para penganut diet jenis ini biasanya menerapkan pola makan lakto-vegetarian karena alasan lingkungan atau etika. Beberapa orang lainnya juga memilih mengikuti diet ini karena alasan kesehatan.

Faktanya, mengurangi asupan daging dan produk hewani lainnya dapat dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan. Bentuk umum vegetarianisme lainnya termasuk pola makan lacto-ovo-vegetarian, pola makan ovo-vegetarian, dan pola makan vegan.

Manfaat Diet Lacto-Vegetarian

Mengikuti pola makan atau diet lakto-vegetarian yang bergizi dan lengkap dapat menawarkan manfaat kesehatan yang mengesankan bagi tubuh. Di bawah ini adalah beberapa manfaat kesehatan potensial yang terkait dengan diet lacto-vegetarian, yakni:

  • Tingkatkan kesehatan jantung
  • Berbagai penelitian telah menemukan bahwa diet lacto-vegetarian dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan beberapa faktor risiko umum penyakit jantung. Sebuah tinjauan dalam Journal of the American Heart Association terhadap 11 studi menemukan bahwa diet vegetarian seperti diet lacto-vegetarian dapat membantu menurunkan total dan kolesterol LDL (jahat), yang keduanya dapat berkontribusi pada penyakit jantung.

    Beberapa penelitian lain dalam JAMA Intern Medicine juga menemukan bahwa diet vegetarian terkait dengan penurunan tekanan darah. Diet ini bermanfaat karena tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke.

  • Tingkatkan kontrol gula darah
  • Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menerapkan diet lacto-vegetarian dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah. Sebuah tinjauan dari 6 penelitian dalam Jurnal Cardiovascular Diagnosis Anda Therapy mengaitkan diet vegetarian dengan penurunan signifikan dalam hemoglobin A1c (HbA1c), penanda kontrol gula darah jangka panjang pada orang dengan diabetes tipe 2.

    Ulasan lain oleh Current Diabetes Reports melaporkan bahwa mengikuti diet vegetarian dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Selain itu, sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 156.000 orang dewasa menemukan bahwa mereka yang mengikuti diet lacto-vegetarian 33% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2, dibandingkan dengan mereka yang mengikuti diet non-vegetarian.

  • Dukung penurunan berat badan
  • Menerapkan diet lacto-vegetarian tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga berat badan. Faktanya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa vegetarian cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah daripada mereka yang makan daging.

    Vegetarian juga cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori dan lebih banyak serat daripada pemakan daging. Kedua faktor ini mungkin sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

    Sebuah tinjauan besar dari 12 studi dalam Journal of General Internal Medicine menunjukkan bahwa orang-orang yang mengikuti diet vegetarian selama 18 minggu kehilangan rata-rata 4,5 pound (2 kg) lebih banyak daripada non-vegetarian.

  • Kurangi risiko kanker tertentu
  • Sejumlah penelitian observasi telah menemukan bahwa mengikuti diet lacto-vegetarian dapat dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker. Khususnya, diet vegetarian telah dikaitkan dengan risiko 10-12% lebih rendah terkena kanker secara keseluruhan.

    Diet ini juga dikaitkan dengan penurunan risiko jenis tertentu, termasuk kolorektal dan kanker payudara. Meski begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi apakah mengikuti diet lacto-vegetarian dapat membantu mengurangi risiko kanker.

    Potensi Bahaya Diet Lacto-Vegetarian

    Diet lakto-vegetarian yang seimbang dapat menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun, tanpa perencanaan yang tepat, diet ini dapat meningkatkan risiko kekurangan nutrisi.

    Daging, unggas, dan makanan laut memasok berbagai nutrisi penting, termasuk protein, zat besi, seng, vitamin B12, dan asam lemak omega-3. Telur juga kaya akan banyak mikronutrien, seperti vitamin A dan D.

    Kekurangan nutrisi penting ini dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan yang terhambat, anemia, gangguan fungsi kekebalan, dan perubahan suasana hati. Jika Anda mengikuti diet lacto-vegetarian, pastikan untuk mendapatkan nutrisi ini dari sumber makanan atau suplemen lain untuk memenuhi kebutuhan harian.

    Mengisi diet dengan makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, lemak sehat, produk susu, dan makanan nabati yang kaya protein akan membantu memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

    Dalam beberapa kasus, suplemen multivitamin atau omega-3 mungkin juga diperlukan untuk membantu mengisi celah dalam makanan.

    Makanan yang Disarankan dalam Diet Lacto-Vegetarian

    Diet lacto-vegetarian yang sehat harus mencakup berbagai makanan nabati dan produk susu. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat dinikmati sebagai bagian dari diet lacto-vegetarian:

  • Buah-buahan: apel, jeruk, beri, melon, persik, pir, pisang
  • Sayuran: brokoli, kembang kol, kangkung, bayam, paprika, arugula
  • Kacang-kacangan: lentil, buncis, buncis, kacang polong
  • Lemak sehat: alpukat, minyak kelapa, minyak zaitun
  • Biji-bijian utuh: barley, buckwheat, quinoa, oat, nasi, bayam
  • Produk susu: susu, yogurt, keju, mentega
  • Makanan berprotein: tahu, tempe, ragi nutrisi, whey, bubuk protein vegetarian
  • Kacang: almond, kenari, pistachio, kacang Brazil, hazelnut, selai kacang
  • Biji: biji chia, rami, rami, labu, dan bunga matahari
  • Herbal dan rempah-rempah: jintan, kunyit, kemangi, oregano, rosemary, merica, timi
  • Makanan yang Harus Dihindari dalam Diet Lacto-Vegetarian

    Diet lacto-vegetarian tidak termasuk daging, unggas, makanan laut, dan telur. Berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari sebagai bagian dari diet lacto-vegetarian, yaitu:

    1. Daging: daging sapi, babi, sapi muda, domba, dan produk daging olahan seperti bacon, sosis, daging deli, dan dendeng
    2. Unggas: ayam, kalkun, angsa, bebek, burung puyuh
    3. Makanan laut: salmon, udang, ikan teri, sarden, mackerel, tuna
    4. Telur: termasuk telur utuh, putih telur, dan kuning telur
    5. Bahan dasar daging: gelatin, lemak babi, suet, carmine

    Diet lacto-vegetarian tidak termasuk daging, unggas, makanan laut, dan telur, tetapi termasuk produk susu. Hal ini terkait dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko kanker, peningkatan penurunan berat badan, dan peningkatan kontrol gula darah dan kesehatan jantung. Namun, pastikan untuk mengonsumsi makanan padat nutrisi atau makanan utuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

    (mdk/edl)
    Geser ke atas Berita Selanjutnya

    Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
    lihat isinya

    Buka FYP