Keratin Treatment Adalah Perawatan Agar Rambut Mudah Diatur, Ini Penjelasannya

Senin, 8 Agustus 2022 14:30 Reporter : Edelweis Lararenjana
Keratin Treatment Adalah Perawatan Agar Rambut Mudah Diatur, Ini Penjelasannya Ilustrasi rambut. ©Shutterstock

Merdeka.com - Perawatan keratin atau keratin treatment adalah sebuah proses kimia untuk menghaluskan, meluruskan, dan membuat rambut menjadi lebih mudah diatur. Prosedur kimia ini biasanya dilakukan di salon dan dapat membuat rambut terlihat lebih lurus selama 6 bulan.

Keratin treatment dapat menambah kilau yang intens pada rambut dan dapat mengurangi keriting. Jenis perawatan rambut ini banyak disukai oleh para wanita, terutama yang memiliki jenis rambut keriting, kering, dan susah diatur.

Keratin treatment adalah jenis perawatan rambut yang bekerja dengan baik untuk sebagian besar jenis rambut, dan direkomendasikan bagi siapa saja yang ingin mengurangi keriting, meningkatkan kilau, atau meluruskan rambut secara teratur. Berikut selengkapnya mengenai keratin treatment yang menarik diketahui.

2 dari 3 halaman

Mengenal Apa Itu Keratin Treatment

Keratin adalah protein struktural yang ditemukan di rambut, kulit, dan kuku. Keratin juga digunakan dalam produk penataan rambut untuk membantu memperkuat kondisinya. Meski begitu, cara kerja keratin treatment ternyata tidak melalui penggunaan keratin.

Untuk membuat rambut lebih lurus, larutan yang mengandung turunan formaldehida atau asam glioksilat (yang jauh lebih aman) bekerja melalui rambut untuk memutuskan ikatan dan menyegelnya kembali pada posisi yang lebih lurus. Solusinya kemudian dikeringkan dan disegel dengan flat iron, dan hasilnya dapat bertahan dari 3 hingga 6 bulan.

ilustrasi rambut
Unsplash

Keratin treatment adalah perawatan pelurusan rambut semi permanen. Seringkali, manfaat keratin treatment disebut dapat membuat rambut tumbuh lebih cepat. Padahal, tidak begitu kenyataannya.

Mengutip harpersbazaar.com, keratin pada dasarnya hanya membantu memperkuat rambut, membuatnya tampak lebih sehat menambah kilau, mengurangi keriting, dan mengurangi tampilan ujung bercabang dengan mengikat rambut untuk sementara waktu.

Semua efek ini dapat membantu helai rambut terlihat dan terasa lebih panjang dan kuat. Tetapi rambut sebenarnya tetap akan tumbuh pada tingkat dan kecepatan yang sama dengan atau tanpa melakukan keratin treatment.

3 dari 3 halaman

Manfaat Keratin Treatment

Mengutip healthline.com, manfaat keratin treatment adalah beberapa hal di bawah ini:

1. Rambut halus dan berkilau

Rambut yang sehat dan berkilau adalah manfaat utama dari keratin treatment. Banyak orang melakukan keratin treatment untuk mendapat manfaat yang satu ini. Keratin menghaluskan sel-sel yang tumpang tindih untuk membentuk helai rambut. Hal ini membuat rambut lebih mudah diatur dan tampak lebih lurus, berkilau, dan sehat. Keratin juga dapat mengurangi tampilan ujung rambut bercabang dengan mengikat rambut untuk sementara waktu.

2. Hasil tahan lama

Keratin treatment juga memiliki efek yang lebih tahan lama bagi tampilan rambut Anda. Selama Anda menjaga rambut dengan tepat usai mendapatkan perawatan keratin, seperti dengan tidak mencuci rambut terlalu sering (2 hingga 3 kali seminggu sudah cukup), maka efek keratin treatment pada rambut Anda bisa bertahan hingga 6 bulan.

3. Rambut lebih mudah diatur

Keratin treatment juga membuat rambut lebih mudah diatur. Ini adalah menfaat yang paling dicari oleh orang-orang yang memiliki jenis rambut sangat keriting atau tebal. Meski Anda bisa mengatur rambut sendiri dengan alat seperti catokan panas, cara ini dapat merusak rambut jika dilakukan terlalu sering. Namun dengan keratin treatment, selain menghemat waktu saat hendak mengatur rambut, Anda juga meminimalisir paparan panas dari catok yang dapat mempercepat kerusakan rambut.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini