Cara Menebalkan Alis Mata dengan Bahan Alami, Mudah dan Efektif

Selasa, 28 Juni 2022 13:50 Reporter : Edelweis Lararenjana
Cara Menebalkan Alis Mata dengan Bahan Alami, Mudah dan Efektif Ilustrasi alis mata. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Paul Hakimata Photography

Merdeka.com - Cara menebalkan alis mata dengan bahan natural di bawah ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Alis memiliki peranan penting bagi tampilan wajah. Memiliki bentuk dan volume ketebalan alis yang proporsional tentu merupakan dambaan banyak wanita.

Sudah banyak produk kecantikan yang dikeluarkan untuk membantu para wanita mendapatkan tampilan alis ideal yang diinginkan. Produk tersebut mulai dari pensil alis, maskara alis, gel alis, tato alis, dan lain sebagainya terjual di toko-toko kecantikan.

Meski demikian, Anda juga bisa menebalkan alis dengan beberapa bahan alami yang mudah didapatkan di sekitar Anda. Cara menebalkan alis mata yang natural kadang dipilih untuk mendapatkan hasil yang lebih permanen, karena ia tak hanya mengoreksi atau memperindah alis yang sudah ada, tetapi juga menumbuhkannya.

Dilansir dari laman healthline.com, ini dia cara menebalkan alis mata dengan bahan-bahan natural yang menarik untuk Anda ketahui.

2 dari 5 halaman

1. Minyak Kelapa

Cara menebalkan alis mata yang pertama adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa ternyata tak hanya populer digunakan sebagai minyak goreng dan suplemen makanan saja, lho. Namun, minyak ini juga bermanfaat bagi rambut dan kulit saat digunakan secara topikal.

Minyak kelapa telah dipelajari secara ekstensif untuk masalah kesehatan umum, seperti penurunan berat badan dan demensia. Dan secara tradisional, minyak kelapa juga digunakan untuk meningkatkan ketebalan rambut. Untuk menggunakannya, cukup usapkan sedikit minyak kelapa di tangan dan pijatkan ke area alis. Biarkan semalaman, dan bilas pada pagi harinya.

2. Minyak Pohon Teh

Cara menebalkan alis mata yang kedua adalah dengan minyak pohon teh atau tea tree oil. Seperti halnya minyak kelapa, minyak pohon teh konon merangsang pertumbuhan dan ketebalan rambut alis dengan menciptakan penghalang pelembap untuk kesehatan seluler dan folikel.

Secara historis, minyak pohon teh telah banyak digunakan untuk menangani luka dan cedera. Dan minyak ini telah populer dalam perawatan kulit. Minyak pohon teh tersedia dalam banyak produk yang dijual bebas, tetapi Anda juga dapat menemukan ekstraknya untuk dioleskan langsung ke alis Anda.

Menurut laporan dari Pusat Kesehatan Pelengkap dan Integratif Nasional (NCCIH), beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui kegunaan minyak pohon teh. Dan, didapati bahwa minyak ini adalah bahan yang sangat menjanjikan untuk mengatasi jerawat serta infeksi jamur.

3 dari 5 halaman

3. Minyak Lavender

Cara menebalkan alis mata yang ketiga adalah dengan menggunakan minyak lavender. Minyak lavender mungkin paling dikenal karena efek menenangkannya. Namun ketika dioleskan, minyak lavender juga diketahui dapat membantu memerangi kerontokan rambut.

Dalam hal studi ilmiah, lavender diketahui memiliki hasil yang menjanjikan untuk mengobati stres. Untuk menggunakannya, pijatkan ekstrak lavender ke area alis setiap hari untuk ritual relaksasi. Namun, disarankan bagi Anda untuk melakukan tes alergi di bagian lain dari kulit Anda terlebih dahulu, sebelum menggunakannya pada alis.

4. Minyak Zaitun

Cara menebalkan alis mata yang ke empat adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitu umum didapati dalam produk yang ditujukan untuk menghidrasi rambut. Nah, bisakah minyak ini juga membantu pertumbuhan rambut, terutama di sekitar alis?

Sebuah studi pada hewan menunjukkan bahwa menerapkan bahan-bahan yang berasal dari pohon zaitun dapat memicu pertumbuhan rambut. Dan, memang ada data yang mendukung penggunaan minyak zaitun topikal untuk menumbuhkan rambut alis. Diketahui, minyak zaitun dapat melapisi rambut untuk memberinya penampilan yang lebih tebal.

4 dari 5 halaman

5. Minyak Jarak

Cara menebalkan alis mata yang kelima adalah dengan menggunakan minyak jarak. Ini adalah sebuah cara lama dan salah satu solusi paling efektif untuk mendapatkan alis yang lebih tebal. Karena diperkaya dengan protein, asam lemak, antioksidan dan vitamin, minyak jarak dapat membantu menutrisi folikel rambut Anda.

Oleskan minyak jarak setiap hari pada akar alis untuk mendorong pertumbuhan rambut dan juga memastikan bahwa setiap helai rambutnya tumbuh tebal dan kuat. Caranya, pijatkan beberapa tetes minyak jarak ke alis dengan ujung jari. Diamkan selama 30 menit, bersihkan dengan makeup remover, dan cuci muka dengan air hangat.

6. Kuning Telur

Cara menebalkan alis mata yang ke enam adalah dengan menggunakan kuning telur. Rambut alis terbuat dari protein keratin, dan telur adalah sumber protein yang bagus. Keratin adalah bahan utama dalam sebagian besar suplemen pertumbuhan rambut. Kuning telur juga merupakan sumber yang kaya biotin, yang membantu alis Anda tumbuh lebat.

Anda akan mendapatkan tingkat pertumbuhan yang lebih cepat jika menggunakan perawatan ini dua kali seminggu. Caranya, pisahkan kuning telur dari putihnya. Kocok kuning telur sampai konsistensi halus. Oleskan ke alis menggunakan Q-tip atau kuas. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

5 dari 5 halaman

7. Lemon

Cara menebalkan alis mata yang selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon. Lemon kaya akan vitamin-B, vitamin-C, asam folat dan nutrisi penting lainnya. Lemon mampu membuat rambut alis Anda tumbuh lebih cepat daripada bahan lainnya.

Adalah normal jika kulit Anda sedikit terbakar saat mengoleskan lemon, namun, jika iritasi berlanjut, jangan teruskan cara ini dan gunakan cara lain. Hindari mencoba mengoleskan lemon ke anggota tubuh manapun jika Anda memiliki kulit sensitif.

8. Aloe Vera

Cara menebalkan alis mata yang terakhir adalah dengan menggunakan aloe vera. Aloe Vera mengandung senyawa bernama aloenin yang mendorong pertumbuhan rambut. Ia memiliki susunan kimiawi yang mirip dengan keratin, oleh karena itu ia juga meremajakan rambut dengan nutrisinya sendiri, memberikan lebih banyak elastisitas dan mencegah kerusakan.

Gel aloe vera tidak lengket dan cepat meresap, sehingga bisa dioleskan beberapa kali sehari. Aloe vera juga baik untuk orang-orang yang memiliki sebum berlebih. Ia akan menghilangkan kelebihan minyak dan membuka pori-pori folikel, sehingga mendorong pertumbuhan rambut alis. Aloe vera sangat efektif untuk menumbuhkan alis secara permanen.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini