9 Jenis-Jenis Semen yang Digunakan untuk Konstruksi Bangunan, Jangan Sampai Keliru

Selasa, 14 Juli 2020 19:00 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
9 Jenis-Jenis Semen yang Digunakan untuk Konstruksi Bangunan, Jangan Sampai Keliru bongkar muat semen. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Dalam membangun sebuah rumah atau bangunan lainnya, tentunya akan sangat membutuhkan salah satu material yang paling vital yaitu semen. Perlu diketahui, ternyata ada banyak jenis semen yang digunakan dalam kebutuhan yang berbeda-beda. Semen merupakan material yang berbentuk serbuk yang biasanya terbuat dari campuran kapur dan material yang lainnya.

Semen juga bisa disebut sebagai bahan yang bersifat hidrolis, yaitu bahan yang dapat menjadi keras ketika dicampur air atau larutan asam. Bahan dasar semen terdiri atas 70%-95% terak semen dan 5% gipsum serta material tambahan lainnya.

Terak semen merupakan hasil olahan pembakaran batu kapur, pasir silika, pasir besi, dan tanah liat. Sementara bahan tambahan yang bisa dicampurkan, di antaranya pozzolan, abu terbang, dan lain-lain.

Semen berfungsi untuk membuat beton dan juga merekatkan batu bata saat membuat tembok. Perlu Anda ketahui, tidak semua semen dapat digunakan untuk semua kebutuhan. Untuk mengetahui secara rinci, berikut 9 jenis-jenis semen yang sering digunakan untuk konstruksi bangunan yang dilansir dari 99.co.id.

Baca Selanjutnya: 1 Semen Portland...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini