Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

6 Makanan Jangkrik yang Bagus agar Cepat Panen, Mudah Didapat

6 Makanan Jangkrik yang Bagus agar Cepat Panen, Mudah Didapat Ilustrasi jangkrik. ©Shutterstock/ahnhuynh

Merdeka.com - Jangkrik saat ini telah banyak dikembangbiakkan sebagai makanan ekstra ataupun makanan tambahan untuk burung. Kepopuleran jangkrik memang tidak terlepas dari maraknya para pecinta burung yang ada di seluruh Indonesia. Selain itu, jangkrik juga dipercaya bisa meningkatkan kicauan burung karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Menurut penelitian, protein yang terkandung pada jangkrik akan meningkatkan testosteron burung kicauan. Saat burung kicau birahi, burung jantan akan berkicau untuk menggoda sang betina.

Di Pulau Jawa khususnya, sudah banyak orang yang meraup rezeki dari budidaya jangkrik ini. Proses ternak yang cukup mudah serta makanan jangkrik yang mudah didapat membuat beternak jangkrik menjadi komoditas bisnis yang cukup menjanjikan.

Agar Anda dapat mencoba untuk beternak jangkrik sendiri dan cepat dapat dipanen, berikut ini kami telah rangkum 6 makanan jangkrik yang bagus agar cepat panen, yang dilansir dari Okdogi.com

Voer Ayam dan Sayuran

1. Voer Ayam

Makanan jangkrik yang bagus yang pertama adalah voer ayam. Voer ayam merupakan salah satu jenis makanan untuk jangkrik yang wajib Anda berikan. Voer ayam ini akan mempercepat pertumbuhan jangkrik.

Voer ayam yang digunakan pun tidak boleh sembarangan. Hanya jenis voer yang mengandung protein tinggi antara 20-23% saja yang sangat direkomendasikan untuk menjadi makanan jangkrik ini.

Ada berbagai merek voer yang memiliki kandungan protein sebesar itu. Apabila tidak ada, Anda bisa menggantinya dengan voer yang memiliki kandungan protein kurang dari 20%.Namun, agar kebutuhan protein tetap terjaga, Anda juga harus menambahkan voer lele atau jenis konsentrat untuk pakan ternak yang lainnya.

Terakhir dan yang tak kalah penting adalah ketika memberi voer untuk makanan jangkrik ini Anda harus menghaluskan atau menggilingnya terlebih dahulu. Tujuannya makanan tersebut lebih mudah dicerna oleh jangkrik.

Voer ayam yang terbuat dari berbagai bahan alami seperti butiran jagung, bungkil kelapa, bungkil kedelai dan bahan lainnya ini terbukti mengandung banyak nutrisi yang diperlukan dalam masa pertumbuhan jangkrik. Karena itulah, voer ayam lebih sering dijadikan sebagai makanan utama untuk jangkrik sampai sebelum dipanen.

2. SayuranMakanan jangkrik yang berikutnya adalah sayuran. Jenis sayuran yang mengandung banyak air merupakan pakan yang cocok untuk jangkrik.

Pemberian pakan berupa sayuran yang banyak mengandung air ini ditujukan juga sebagai makanan untuk pengganti minum jangkrik. Pemberian makanan berupa sayuran ini juga sesuai dengan kebiasaan makan jangkrik di habitat aslinya yang kebanyakan makan daun-daunan.

Jenisnya sayuran ini harus disesuaikan dengan usia jangkrik. Apabila jangkrik masih muda, sebaiknya diberi sayuran yang bertekstur lunak, misalnya sawi putih. Pastikan sawinya sudah dibersihkan terlebih dahulu dari sisa-sisa pestisida.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan pepaya muda. Namun Anda harus mengiris pepaya muda tersebut menjadi irisan tipis terlebih dahulu.

Apabila jangkrik sudah berumur dewasa atau sudah benar-benar dewasa, Anda sudah bisa memberikan sayuran hijau seperti daun-daunan.

Gedebog Pisang Serta Daun dan Batang Pohon Pepaya

3. Gedebok PisangMakanan jangkrik yang bagus berikutnya adalah gedebok pisang. Batang pisang atau yang disebut dengan gedebok adalah jenis makanan yang direkomendasikan untuk jangkrik.Gedebok ini selain akan memenuhi kebutuhan nutrisi juga akan memenuhi kebutuhan air jangkrik.

Gedebok yang akan digunakan untuk pakan jangkrik ini juga harus dipilih dengan baik.Gedebok yang baik untuk pakan jangkrik adalah gedebok yang masih segar dan belum busuk.

Selain itu, meskipun yang dicari adalah kandungan airnya, gedebok yang digunakan untuk pakan jangkrik tidak boleh mengandung terlalu banyak air. Kandungan air dalam gedebok yang paling baik untuk digunakan sebagai pakan jangkrik adalah tidak lebih dari 50%. Karena itu, ada baiknya sebelum digunakan sebagai pakan, gedebok dijemur terlebih dahulu, sampai kandungan airnya berkurang 50%.

4. Daun dan Batang Pohon PepayaSalah satu makanan jangkrik yang direkomendasikan berikutnya adalah daun dan batang pohon pepaya.  Makanan alternatif dari daun pepaya ini tidak diberikan sejak awal pertumbuhan, namun hanya 10 hari menjelang jangkrik dipanen.

Cara memberi makanan dari daun pepaya ini adalah dengan merendam daun pepaya terlebih dahulu selama 10 menit. Jika sudah 10 menit, tiriskan, berikan kepada jangkrik dalam kondisi tidak terlalu basah maupun tidak terlalu kering.

Selain daun, batang pohon pepaya juga wajib diberikan kepada jangkrik, terutama 10 hari sebelum jangkrik dipanen. Batang pohon pepaya mengandung serat yang tinggi namun kadar airnya rendah. Komposisi kandungan ini sangat baik untuk membuat jangkrik tetap lincah serta tidak mudah mati saat dipanen.

Rumput dan Makanan Buatan Sendiri

5. RumputJenis rumput-rumputan terutama rumput liar merupakan alternatif makanan jangkrik yang bagus agar jangkrik cepat dapat dipanen.  Rumput liar yang diberikan adalah jenis rumput yang memiliki daun kecil serta tumbuh menjalar.

Beberapa jenis rumput liar yang sering dijadikan makanan jangkrik adalah pare liar atau pare alas. Pare adalah tanaman rumput-rumputan yang banyak ditemukan di sekitar rumah.Karena mudah ditemukan inilah mengapa banyak peternak jangkrik menjadikannya sebagai makanan alternatif untuk jangkrik.

6. Makanan Buatan SendiriMakanan jangkrik yang lainnya bisa Anda buat sendiri di rumah. Namun, Apa yang dimaksud dengan makanan buatan sendiri ini? Jenis makanan ini bisa Anda buat dari berbagai campuran bahan yang sudah disebutkan tadi yaitu bisa berupa campuran sayuran, dedaunan ataupun rumput-rumputan.

Anda juga bisa membuat makanan buatan sendiri dari bahan lainnya seperti makanan buatan yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Kedua kandungan ini akan membantu jangkrik tumbuh lebih sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang tinggi.

Tips Ternak Jangkrik

1. Persiapan Kandang yang Tepat

Pastikan kandang jangkrik memiliki ukuran yang cukup luas dan sirkulasi udara yang baik. Gunakan bahan yang aman seperti kayu atau plastik dan hindari logam yang bisa berkarat. Tempatkan kandang di lokasi yang teduh, sejuk, dan jauh dari gangguan predator. Lapisi bagian dalam kandang dengan jaring atau kain kasa untuk mencegah jangkrik kabur.

2. Kondisi Lingkungan yang Ideal

Jangkrik membutuhkan suhu dan kelembapan yang tepat untuk tumbuh dengan baik. Suhu ideal untuk beternak jangkrik adalah antara 25-30°C dengan kelembapan sekitar 70-90%. Gunakan alat pengukur suhu dan kelembapan untuk memantau kondisi lingkungan. Anda juga bisa menyemprotkan air secara berkala untuk menjaga kelembapan.

3. Pemberian Pakan yang Seimbang

Berikan pakan yang kaya akan protein dan nutrisi untuk mendukung pertumbuhan jangkrik. Pakan utama bisa berupa dedak, jagung giling, atau pelet ayam. Tambahkan sayuran segar seperti wortel, daun singkong, atau kangkung untuk memberikan tambahan nutrisi. Pastikan pakan selalu tersedia dan ganti secara berkala untuk menjaga kebersihannya.

4. Perawatan dan Pemeliharaan Rutin

Bersihkan kandang secara rutin untuk mencegah penumpukan kotoran yang dapat menyebabkan penyakit. Gantilah alas kandang setiap beberapa hari dan pastikan tempat pakan serta minum selalu bersih. Periksa kondisi jangkrik secara berkala untuk memastikan mereka sehat dan tidak ada tanda-tanda penyakit.

5. Pengelolaan Siklus Hidup Jangkrik

Pahami siklus hidup jangkrik untuk mengelola populasi dengan baik. Jangkrik bertelur di media yang lembap seperti pasir atau tanah. Setelah jangkrik bertelur, pindahkan telur ke wadah terpisah dengan kelembapan yang cukup agar menetas menjadi nimfa. Perhatikan fase-fase pertumbuhan jangkrik dari nimfa hingga dewasa dan pisahkan jangkrik berdasarkan ukurannya untuk menghindari kanibalisme.

(mdk/raf)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Makanan Jangkrik Ternak, Ketahui Cara Memberikannya yang Tepat
Makanan Jangkrik Ternak, Ketahui Cara Memberikannya yang Tepat

Makanan jangkrik yang bagus akan membuat jangkrik tumbuh sehat dan cepat panen.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Makanan Khas Jawa Tengah yang Terkenal karena Keunikan dan Kenikmatannya, Wajib Dicoba
Rekomendasi Makanan Khas Jawa Tengah yang Terkenal karena Keunikan dan Kenikmatannya, Wajib Dicoba

Jawa Tengah terkenal sebagai daerah yang kaya akan makanan khasnya. Yuk, simak rekomendasi makanan Khas Jawa Tengah yang paling terkenal ini!

Baca Selengkapnya
5 Jenis Makanan yang Boleh Disantap di Atas Jam 7 Malam
5 Jenis Makanan yang Boleh Disantap di Atas Jam 7 Malam

Makanan yang mudah dicerna di pagi hari belum tentu mudah dicerna di malam hari. Yuk, simak makanan yang boleh disantap saat malam!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Rekomendasi Makanan Khas Jawa Barat yang Banyak Digemari karena Keunikan Rasanya
Rekomendasi Makanan Khas Jawa Barat yang Banyak Digemari karena Keunikan Rasanya

Jawa Barat termasuk salah satu daerah yang kaya dengan jajanan khasnya. Yuk, simak rekomendasi makanan khas Jawa Barat yang banyak digemari ini!

Baca Selengkapnya
Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Setelah Berbuka Puasa
Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Setelah Berbuka Puasa

Pada saat berbuka puasa, terdapat sejumlah makanan yang terbaik untuk dikonsumsi demi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Makanan Khas Papua yang Nikmat dan Banyak Dicari, Punya Karakter Unik
Rekomendasi Makanan Khas Papua yang Nikmat dan Banyak Dicari, Punya Karakter Unik

Papua adalah wilayah di Indonesia Timur yang terkenal dengan beragam makanan khasnya yang unik dan lezat.

Baca Selengkapnya
10 Makanan Terbaik untuk Menguatkan Imunitas Tubuh
10 Makanan Terbaik untuk Menguatkan Imunitas Tubuh

Penting untuk mempertahankan dan memperkuat imunitas tubuh. Yuk, cek makanan apa saja yang bisa memperkuat imunitas tubuh!

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Makanan Khas Sunda yang Menggugah Selera, Pasti Bikin Ngiler
Rekomendasi Makanan Khas Sunda yang Menggugah Selera, Pasti Bikin Ngiler

Salah satu yang paling terkenal dari suku ini adalah kelezatan kuliner khas Sunda.

Baca Selengkapnya
8 Jenis Kacang yang Lezat dan Sangat Berguna untuk Mengatasi Kekurangan Zat Besi
8 Jenis Kacang yang Lezat dan Sangat Berguna untuk Mengatasi Kekurangan Zat Besi

Kacang-kacangan merupakan jenis makanan sehat yang bisa memenuhi kebutuhan zat besi tubuh.

Baca Selengkapnya