5 Macam Sholawat Nabi Lengkap beserta Artinya, Menambah Pahala

Sabtu, 17 Oktober 2020 15:00 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
5 Macam Sholawat Nabi Lengkap beserta Artinya, Menambah Pahala Ilustrasi berdoa. ©Pixabay/SuleymanKarakas

Merdeka.com - Sholawat merupakan bentuk jamak dari kata sholat yang artinya adalah doa. Karenanya ketika kita membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, berarti kita juga sama saja seperti memohon atau berdoa kepada Allah SWT untuk Nabi Muhammad SAW. Pada dasarnya, tujuan kita membaca sholawat adalah afar di akhirat nantinya kita akan mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW.

Hukum dari bersholawat telah dijelaskan di dalam Alquran. Bahkan tak hanya manusia saja, Allah SWT dan para malaikat juga ikut bersholawat, seperti yang dijelaskan dalam ayat berikut:

"Innallaha wamalaaikatahu yusholluuna alannabi yaa ayyuhalladzina aamanu shollu alaihi wasallimuu tasliima."

Artinya:
"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya." [QS Al-ahzab (33): 56]

Sholawat memiliki banyak manfaat dan keberkahan bagi umat muslim khususnya bagi mereka yang tekun untuk membacanya. Selain itu, sholawat juga memiliki beberapa macam yang dapat kita baca secara rutin setiap harinya. Dilansir dari Brilio.net, berikut ini kami telah rangkum macam sholawat Nabi lengkap beserta artinya, untuk menambah keimanan:

Baca Selanjutnya: Macam-Macam Sholawat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini