5 Fakta Menarik Kawasan Tapal Kuda Jawa Timur, Punya Pemandangan Alam Memesona

Senin, 2 Maret 2020 16:12 Reporter : Rizka Nur Laily M
5 Fakta Menarik Kawasan Tapal Kuda Jawa Timur, Punya Pemandangan Alam Memesona Kawasan Tapal Kuda. ©2020 Merdeka.com/id.wikipedia.org

Merdeka.com - Bentang alam Jawa Timur sangat beragam. Provinsi ini terdiri dari pegunungan, dataran rendah, laut, pegunungan kapur, dan lain sebagainya. Secara geografis, suatu daerah biasanya tidak hanya terdiri dari satu jenis permukaan bumi.

Salah satu yang menarik di Jawa Timur adalah keberadaan Kawasan Tapal Kuda. Kawasan ini berada di bagian timur. Daerah yang disebut sebagai Kawasan Tapal Kuda terdiri dari Pasuruan (bagian timur), Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi.

Berikut sejumlah fakta menarik mengenai Kawasan Tapal Kuda Jawa Timur yang punya pemandangan alam memesona.

2 dari 6 halaman

Mirip Tapal Kuda

kawasan tapal kuda2020 Merdeka.com/id.wikipedia.org


Pemberian nama Tapal Kuda bukan tanpa sebab. Di dalam peta, bentuk kawasan ini menyerupai tapal kuda. Hal itulah yang melatarbelakangi kawasan ini disebut sebagai Kawasan Tapal Kuda. Kawasan ini dilematis karena di satu sisi disebut sebagai kawasan tertinggal. Di sisi lain, kawasan ini merupakan kawasan ekonomi yang strategis.

3 dari 6 halaman

Tidak Menjadi Bagian dari Mataram

001 debby restu utomo2018 Waktuku

Kawasan Tapal Kuda pada masa Kerajaan Mataram disebut sebagai daerah brang wetan (seberang timur). Kawasan ini tidak pernah menjadi bagian dari kawasan yang dikuasai Kerajaan Mataram. Baru di sekitar abad ke 15, para imigran dari daerah Mataraman datang ke brang wetan. Mereka mengisi kawasan pesisir selatan.

4 dari 6 halaman

Madura Baru

gersangLiputan6.com/Immanuel Antonius

Meskipun orang-orang dari daerah Mataraman mulai menduduki kawasan brang wetan, tapi pengaruh mereka tidak terlalu kentara. Daerah brang wetan justru mendapat sebutan sebagai Madura Baru. Hal ini dikarenakan banyaknya orang Madura yang bermigrasi ke sana. Selain itu, kawasan brang wetan juga dianggap memiliki kesamaan dengan tanah Madura. Keduanya sama-sama daerah yang gersang.

5 dari 6 halaman

Tiga Gunung yang Terkenal

bromo di atas awan2020 Merdeka.com/pesona.travel

Ada tiga pegunungan besar di kawasan Tapal Kuda. Pegunungan Bromo-Tengger-Semeru, pegunungan Iyang, dan pegunungan Ijen. Puncak tertinggi kawasan pegunungan Bromo-Tengger-Semeru adalah Gunung Semeru. Gunung ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl.

Sementara puncak tertinggi kawasan pegunungan Iyang adalah Gunung Argopuro. Gunung ini berada di ketinggian 3.088 mdpl. Selanjutnya, Gunung Raung merupakan puncak tertinggi dari kawasan pegunungan Ijen. Gunung ini berada di ketinggian 3.344 mdpl.

6 dari 6 halaman

Kawasan Wisata Andalan

baluran Good News from Indonesia

Kawasan Tapal Kuda merupakan salah satu kawasan yang kaya akan bentangan alamnya. Beberaoa kawasan wisata alam andalan Jawa timur terdapat di kawasan ini. Apabila berkunjung ke Jawa Timur, sayang untuk melewatkan keindahan alam kawasan Tapal Kuda ini.

Wisata alam yang terdapat di kawasan Tapal Kuda antara lain Pantai Plengkung, Pantai Pulau Merah, Pantai Watu Ulo, Air terjun Madakaripura, Gunung Ijen, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Alas Purwo, Taman Nasional Meru Betiri, dan Teluk Hijau.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini