4 Jenis Ikan Cupang Mahal yang Cocok untuk Dipelihara, Wajib Punya

Kamis, 28 Mei 2020 14:40 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
4 Jenis Ikan Cupang Mahal yang Cocok untuk Dipelihara, Wajib Punya Ikan Cupang. ©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Merdeka.com - Ikan cupang atau Betta SP merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang habitat aslinya adalah bebrapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam.

Jenis ikan cupang ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di Indonesia, terdapat cupang asli salah satunya jenis betta channoides yang bisa ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

Di kalangan para penggemar, ikan cupang biasa umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Ikan cupang ini ada yang dikenal dengan mouth breeder yaitu ikan cupang yang mengerami telurnya di dalam mulut serta ada juga yang membangun sarangnya dengan busa atau bublie nest.

Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama, sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara dan aerator, ikan ini masih dapat bertahan hidup. Oleh sebab itu, hal inilah yang menjadi alasan ikan cupang banyak sekali digemari dan dipelihara oleh banyak kalangan.

Jenis ikan cupang juga sangat beragam macamnya dan memiliki harga yang variatif. Mulai dari puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah. Untuk mengetahui secara rinci, berikut jenis ikan cupang yang cocok dipelihara yang dilansir dari Liputan6.com

Baca Selanjutnya: 1 Ikan Cupang Plakat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini