Peristiwa 22 April: Peringatan Hari Bumi Sedunia, Ketahui Sejarahnya

Kamis, 22 April 2021 06:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Peristiwa 22 April: Peringatan Hari Bumi Sedunia, Ketahui Sejarahnya ilustrasi bumi. shutterstock ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kehidupan zaman yang semakin modern di masyarakat sering kali menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya masalah yang berkaitan dengan lingkungan. Dalam hal ini, pola konsumsi masyarakat yang tidak dan tidak berkesadaran semakin menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan lingkungan.

Misalnya saja penggunaan kendaraan pribadi yang semakin banyak di masyarakat menyebabkan risiko polusi udara yang semakin meningkat. Belum lagi kegiatan industri yang menimbulkan kepulan asap tebal hingga limbah-limbah yang mencemari lingkungan, baik tanah atau air.

Bukan hanya itu, berbagai pola konsumsi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari seperti konsumsi makanan hingga pengolahan sampah rumah tangga yang masih buruk juga menimbulkan jejak karbon yang semakin meningkat. Berbagai hal inilah yang menjadi penyebab krisis iklim dan pemanasan global yang kian memburuk dan dikhawatirkan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya semakin terancam.

Latar belakang inilah yang sering kali menjadi gagasan dari berbagai organisasi untuk menciptakan gerakan untuk kesadaran lingkungan di masyarakat. Salah satunya peristiwa 22 April 1970 yang menjadi gerakan pertama dimulainya Hari Bumi Sedunia. Peringatan Hari Bumi ini tidak lain untuk mengajak lebih banyak masyarakat untuk menjaga kesehatan lingkungan demi mencegah krisis yang semakin buruk.

Hingga kini, peristiwa 22 April sebagai Hari Bumi ini masih terus diperingati setiap tahun dengan tema kampanye yang berbeda-beda. Dilansir dari situs Earthday, berikut kami merangkum berbagai hal mengenai peristiwa 22 April seperti sejarah hingga berbagai kampanye yang dilakukan, perlu Anda Ketahui.

Baca Selanjutnya: Sejarah Hari Bumi...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jateng
  3. Berita Jateng
  4. Ragam
  5. Hari Bumi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini