Mengenal Penyebab Tekanan Darah Rendah pada Ibu Hamil, Begini Cara Mengatasinya

Jumat, 25 Desember 2020 11:40 Reporter : Jevi Nugraha
Mengenal Penyebab Tekanan Darah Rendah pada Ibu Hamil, Begini Cara Mengatasinya Ilustrasi ibu hamil. ©Shutterstock/Valua Vitaly

Merdeka.com - Darah rendah merupakan salah satu kondisi di mana tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dari tekanan darah normal. Penyakit yang juga disebut hipotensi ini sering menyebabkan penderita mengalami pusing dan mata berkunang-kunang. Selain itu, hipotensi juga kerap menyebabkan lemas, konsentrasi berkurang, dan sesak napas.

Melansir dari Healthline, darah rendah bisa dialami siapa saja, tak terkecuali saat kehamilan. Ibu hamil bisa dikatakan mengidap hipotensi jika memiliki tekanan darah di bawah 90/60 mmHg. Meski tidak berbahaya, namun hipotensi bisa menjadi gejala penyakit tertentu.

Di samping itu, tekanan darah bisa berubah sepanjang waktu, hal ini tergantung dengan aktivitas yang dilakukan masing-masing orang. Ada banyak faktor yang sering menjadi penyebab tekanan darah rendah pada ibu hamil, salah satunya ialah faktor adalah perubahan hormon. Selain itu, ada beberapa penyebab tekanan darah rendah pada ibu hamil lainnya yang penting untuk diketahui.

Lantas, apa saja penyebab tekanan darah rendah pada ibu hamil dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya yang merdeka.com lansir dari Mayo Clinic:

2 dari 4 halaman

Mengenal Penyebab Tekanan Darah Rendah pada Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamil stres
©iStockphoto

Tekanan darah rendah adalah salah satu kondisi yang biasa dialami oleh ibu hamil. Selain merasakan pusing, ibu hamil yang memiliki tekanan darah rendah juga akan mengalami gejala mual, haus berlebihan, kelelahan, dan jantung berdebar-debar. Salah satu penyebab tekanan darah rendah pada ibu hamil adalah perubahan hormon dan peningkatan aliran darah ke janin.

Penyebab tekanan darah pada ibu hamil juga bisa dipicu karena dehidrasi, anemia, infeksi, dan pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi. Bagi ibu hamil yang mengalami tekanan darah rendah, sebaiknya rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan. Dalam pemeriksaan kehamilan rutin, dokter akan menggunakan pengukur tekanan darah untuk mengetahui tekanan darah ibu hamil.

Penyebab tekanan darah rendah pada ibu hamil juga bisa dipicu karena faktor makanan, adapun beberapa jenis makanan yang bisa menjadi penyebab darah rendah di antaranya seledri, bayam, dan kafein. Selama masa kehamilan, diusahakan untuk tidak mengonsumsi beberapa makanan tersebut secara berlebihan.

3 dari 4 halaman

Gejala Tekanan Darah Rendah pada Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamil stres©iStockphoto

Hipotensi atau darah rendah jika tidak secara ditangani bisa memicu terjadinya penyakit komplikasi. Menurut US National Library of Medicine mengindikasikan penurunan tekanan darah sekecil 20 mmHG saja bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan. Ada beberapa gejala darah rendah yang biasa dialami penderita, salah satunya adalah sering merasa pusing.

Ibu hamil yang sering merasakan pusing secara tiba-tiba bisa menjadi gejala darah rendah. Terutama saat tiba-tiba berdiri dari posisi duduk atau berbaring. Selain itu, ada beberapa gejala darah rendah lainnya, di antaranya sebagai berikut:

• Sering mual dan muntah

• Sulit untuk berkonsentrasi

• Dehidrasi

• Pandangan kabur

• Sering merasa kedinginan

• Merasa kelelahan dan lemas

• Napas menjadi lebih cepat dan pendek

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah pada Ibu Hamil

Ibu hamil yang merasakan beberapa gejala darah rendah untuk segera periksa dokter. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa mengatasi darah rendah secara alam. Melansir dari Mayo Clinic oleh Halodoc, berikut cara mengatasi darah rendah yang bisa diterapkan:

1. Menumpuk 2-3 bantal saat hendak tidur agar sewaktu bangun dan berdiri tidak mengalami penurunan tekanan darah secara drastis.

2. Ubah posisi untuk tidak berdiri terlalu lama sebisa mungkin dan perlahan.

3. Perbanyak konsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi dan meningkatkan volume darah

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini