Doa Tobat dan Berbagai Amalannya, Perlu Diketahui

Selasa, 16 Agustus 2022 11:11 Reporter : Ayu Isti
Doa Tobat dan Berbagai Amalannya, Perlu Diketahui Ilustrasi berdoa. ©Pixabay/SuleymanKarakas

Merdeka.com - Setiap umat manusia pasti tidak luput dari kesalahan. Dalam ajaran Islam, setiap umat manusia selalu diberikan ujian termasuk godaan untuk melakukan sesuatu hal yang buruk atau tidak terpuji.

Di sinilah letak iman seseorang diuji. Apakah seseorang tersebut akan mengindahkan perintah Allah dan menjauhi larangannya, atau justru sebaliknya, melakukan tindakan buruk yang merugikan.

Dari perilaku tersebut, dosa menjadi konsekuensi yang tidak terelakkan. Dosa yang didapat pun bermacam-macam kadar atau ukurannya, bisa dosa kecil hingga dosa besar. Meskipun begitu, dosa kecil juga bisa terus menumpuk jika dilakukan secara terus menerus, dan pada akhirnya akan merugikan diri sendiri.

Dengan begitu, penting bagi setiap umat muslim untuk bertobat kepada Allah. Memohon ampun atas berbagai kesalahan yang telah dilakukan dan meminta perlindungan Allah agar bisa kembali ke jalan-Nya yang baik dan benar. Dalam hal ini, tobat bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari mandi tobat, shalat tobat, dan membaca bacaan doa tobat.

Berbagai amalan tersebut dapat dilakukan dengan niat yang tulus dan kontinyu sehingga Allah akan membukakan pintu ampunan bagi siapa saja yang ingin kembali kepada-Nya. Dilansir dari NU Online, berikut kami merangkum bacaan doa tobat dan berbagai amalan lainnya bisa Anda praktikkan.

2 dari 4 halaman

Syarat Tobat dalam Islam

Sebelum mengetahui bacaan doa tobat dan artinya, perlu dipahami terlebih dahulu apa syarat taubat yang diperlukan dalam Islam. Pertama yang harus dilakukan adalah menyadari dan menyesali atas kesalahan yang telah dilakukan. Dalam hal ini, sikap penyesalan yang tulus dapat dilihat dari hati yang rapuh dan air mata yang berderai mengingat kesalahan yang telah diperbuat. Rasulullah pun bersabda, bahwa orang-orang yang bertaubat adalah orang yang memiliki hati lembut.

Syarat kedua dalam melakukan taubat adalah meninggalkan kesalahan di mana pun dan kapan pun. Setelah mengakui kesalahan dan memohon maaf kepada Allah, selanjutnya Anda harus meninggalkan kesalahan yang telah dilakukan. Niat dari dalam hati hendak meninggalkan perbuatan tersebut dan kembali ke jalan Allah yang baik dan benar.

Syarat yang terakhir dalam bertaubat adalah berjanji pada Allah untuk tidak mengulangi kesalahan atau dosa yang sama. Bukan hanya kesedar janji, Anda perlu berkomitmen pada diri sendiri untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut di kemudian hari, termasuk jika terdapat kesempatan untuk melakukan hal tersebut. Selalu berdoa kepada Allah untuk memohon perlindungan agar tidak mengikuti bisikan setan yang menyesatkan. Anda juga perlu berdoa agar selalu mendapatkan bimbingan berada di jalan yang baik yang Allah ridhoi.

3 dari 4 halaman

Mandi Tobat dan Shalat Tobat

Seperti disebutkan sebelumnya, cara untuk bertobat dan kembali pada Allah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain membaca doa tobat, Anda bisa melakukan amalan lain terlebih dahulu, yaitu mandi tobat dan shalat tobat. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Mandi Tobat

Mandi taubat dilakukan dengan urutan dan tata cara tertentu. Dengan mengikuti tata cara ini, Anda bisa membersihkan diri untuk tujuan bertaubat kepada Allah dengan baik dan tulus. Sebelum melakukan mandi taubat, Anda perlu membaca niat mandi taubat terlebih dahulu sebagai salah satu syarat yang perlu dipenuhi. Lafal niat mandi taubat adalah sebagai berikut:

  1. Nawaitul ghusla littaubati ‘an jami’idzunuub. (Artinya: Aku berniat mandi taubat dari segala dosa dhahir dan batin.)
  2. Selanjutnya, berikut tata cara mandi taubat yang bisa Anda praktikkan:
  3. Membaca doa niat mandi taubat.
  4. Membasuh kedua telapak tangan hingga sela-sela jari, kemudian dilanjutkan dengan membasuh kedua tangan sebanyak 3 kali.
  5. Membasuh organ intim menggunakan air dengan tangan kiri hingga bersih.
  6. Membasuh seluruh anggota badan dengan air, kemudian membersihkan dengan sabun mandi. Pastikan seluruh bagian tubuh basah terkena air.
  7. Selanjutnya berwudhu, tata caranya sama seperti berwudhu saat hendak sholat.
  8. Berikutnya membasuh sela-sela rambut dengan air hingga merata, dan dilanjutkan dengan mengguyur kepala sebanyak 3 kali.
  9. Setelah itu, mengguyuh bagian tubuh dengan air, dimulai dari bagian kanan terlebih dahulu dilanjutkan bagian kiri.
  10. Terakhir, membersihkan kaki hingga bagian sela-sela sampai bersih.
  • Shalat Tobat

Berikutnya amalan shalat tobat dilakukan dalam dua rakaat dengan niat untuk bertobat kepada Allah. Shalat tobat ini termasuk shalat sunah yang cara pelaksanaannya sama seperti ibadah shalat pada umumnya. Diawali dengan niat, takbirarul ihram, rukuk, i’tidal, sujud, hingga tahiyat akhir. Adapun lafal niat shalat tobat adalah sebagai berikut:

“Ushallî sunnatat taubati.” (Artinya: Saya berniat shalat sunnah taubat)

Setelah selesai menunaikan shalat dua rakaat, kemudian dilanjutkan dengan membaca istighfar sebanyak-banyaknya dengan penuh penyesalan serta tekad kuat untuk menjauhkan diri dari perbuatan doa yang telah dilakukan. Bukan hanya sekedar tekad, niat tidak mengulangi perbuatan dosa tersebut harus benar-benar diwujudkan.

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Tobat

Setelah mengetahui syarat tobat, mandi, serta shalat tobat, terakhir akan diberikan beberapa bacaan doa tobat yang bisa Anda amalkan. Terdapat dua bacaan doa tobat yang bisa dipraktikkan sehari-hari, yaitu doa tobat untuk pengakuan dosa dan doa tobat yang dibaca Nabi Adam. Berikut bacaannya.

  • Doa Tobat untuk Pengakuan Dosa

“Ilahi lastu lil Firdausi ahla, Wa la aqwa ala naril jahimi. Fahab li taubatan waghfir dzunubi, Fainnaka ghafirudz dzanbil ‘azhimi.”

Artinya: “Ya Tuhanku, aku bukanlah penghuni yang pantas masuk surga-Mu. Namun aku pun tidak sanggup masuk neraka jahim. Maka dari itu, bukalah pintu taubat-Mu. Ampunilah segenap dosaku. Karena sungguh Engkau ialah Zat yang maha pengampun.”

Kedua bait syair tersebut dianjurkan untuk dibaca setiap hari untuk mengakui dosa dan kesalahan yang dilakukan setiap harinya. Selain mengakui dosa, Anda juga harus berniat untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari.

  • Doa Tobat Nabi Adam

"Rabbanaa zhalamnaa anfusanaa wa illam tagfirlanaa watarhamnaa lanakuunanna minal khaasiriin."

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah menzhalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.”

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini