Apakah Manfaat Hutan Bakau Bagi Lingkungan dan Manusia? Begini Penjelasan Lengkapnya

Rabu, 5 Oktober 2022 12:15 Reporter : Ayu Isti
Apakah Manfaat Hutan Bakau Bagi Lingkungan dan Manusia? Begini Penjelasan Lengkapnya ilustrasi hutan bakau. earth.com

Merdeka.com - Apakah manfaat hutan bakau? Hutan bakau atau mangrove forest adalah salah satu jenis hutan yang memiliki peranan penting dalam kehidupan. Jika dilihat dari tampilannya, hutan bakau sekilas memang hanya seperti lahan terlantar yang tumbuh rawa. Namun, kini hutan bakau dianggap sebagai ekosistem yang penting dan berguna bagi lingkungan.

Kini hutan bakau mulai banyak dibudayakan di berbagai daerah. Sebagai upaya untuk menjaga kesehatan lingkungan, hutan bakau juga sering difungsikan sebagai objek wisata alam. Di mana masyarakat bisa melihat keindahan hutan bakau yang asri nan hijau sekaligus belajar tentang pentingnya peran penting dari hutan bakau.

Apakah manfaat hutan bakau? Tidak hanya memiliki peran penting, hutan bakau mampu memberikan berbagai macam manfaat baik bagi lingkungan dan kehidupan makhluk hidup. Manfaat hutan bakau ini tidak lain dapat menjamin ekosistem pesisir laut yang lebih sehat, sebagai tempat tinggi banyak spesies ikan dan hewan laut, hingga menyediakan makanan bernutrisi bagi beragam organisme.

Selain itu, manfaat hutan bakau bagi manusia juga sebagai media filter untuk menghasilkan air bersih dan menjadi sumber daya yang bisa dimanfaatkan manusia. Oleh karena itu, penting bagi setiap masyarakat untuk memahami apakah manfaat hutan bakau bagi kehidupan agar bisa lebih menghargai dan menjaga lingkungan dengan baik.

Dilansir dari American Museum of Natural History, berikut Merdeka.com rangkum penjelasan apakah manfaat hutan bakau bagi lingkungan dan manusia, bisa Anda simak.

2 dari 4 halaman

Apakah Manfaat Hutan Bakau bagi Lingkungan?

  • Kunci Ekosistem Pesisir

Apakah manfaat hutan bakau bagi lingkungan? Manfaat yang pertama sebagai kunci ekosistem pesisir. Perlu dipahami bahwa mangrove dan terumbu karang saling bekerja sama dan berpengaruh satu dengan yang lain.

Dalam hal ini, hutan bakau berperan sebagai penghalang agar lanau dan lumpur tidak menutupi terumbu karang. Sementara imbal baliknya, terumbu karang melindungi hutan mangrove dari terjangan gelombang air yang kuat. Dikatakan, tanpa hutan mangrove, ekosistem laut yang sangat produktif akan runtuh.

  • Taman Pembibitan

Manfaat hutan bakau bagi lingkungan berikutnya sebagai taman pembibitan. Mangrove menyediakan tempat berkembang biak yang ideal bagi sebagian besar ikan, udang, kepiting, siput, hingga kerang. Bahkan banyak spesies ikan, seperti barakuda, tarpon, dan snook, mencari perlindungan di antara akar bakau saat masih muda, untuk mencari makanan di hutan bakau agar dapat tumbuh dengan baik.

Ketika sudah tumbuh dewasa, spesies ikan yang tinggal di hutan bakau tersebut akan pindah ke laut terbuka. Sehingga, dapat dikatakan bahwa hutan bakau tidak hanya menyediakan tempat yang baik bagi spesies laut untuk berkembang, tetapi juga menyajikan sumber makanan yang mendukung pertumbuhannya.

Lebih dari itu, hutan bakau adalah rumah bagi banyak spesies. Bukan spesies laut saja, tetapi juga menjadi tempat bagi monyet, burung, kucing pemacing, hingga biawak raksasa berburu makanan di hutan bakau. Tidak heran jika mangrove mempunyai peranan penting dalam menyeimbangkan ekosistem.

3 dari 4 halaman

Manfaat Hutan Bakau Lingkungan

  • Menghasilkan Air Bersih

Apakah manfaat hutan bakau bagi lingkungan? Manfaat selanjutnya yaitu dapat menghasilkan air bersih. Dalam hal ini, mangrove melindungi ekosistem air asin dan air tawar dengan baik dan optimal.

Di mana sistem akar hutan bakau bekerja sebagai penyaring nitrat dan fosfat yang dibawa sungai dan sungai ke laut. Selain itu, hutan bakau juga menjaga agar air laut tidak masuk ke perairan pedalaman.

  • Menstabilkan Garis Pantai

Mampu menstabilkan garis pantai juga termasuk manfaat hutan bakau yang tidak kalah penting. Manfaat ini didapatkan dari fungsi akar tanaman bakau yang mampu mengumpulkan lumpur dan sedimen yang dibawa oleh pasang surut dan sungai yang mengalir ke laut.

Dengan menahan tanah di tempatnya, pohon-pohon bakau menstabilkan garis pantai dari erosi. Bibit yang berakar pada gundukan pasir juga membantu menstabilkan gundukan pasir dari waktu ke waktu dan pada akhirnya dapat membentuk pulau-pulau kecil.

4 dari 4 halaman

Apakah Manfaat Hutan Bakau bagi Manusia?

  • Melindungi dari Risiko Badai

Apakah manfaat hutan bakau bagi manusia? Manfaat hutan bakau dapat melindungi dari risiko kerusakan badai. Dalam hal ini, semak tanaman bakau dapat menopang dataran lumpur pasang surut dengan baik. Selain itu, semak-semak bakau juga zona penyangga yang dapat melindungi tanah dari kerusakan angin dan gelombang.

Tanpa hutan bakau, tentu risiko badai dan kerusakannya akan semakin tinggi. Ini terbukti pada daerah hutan bakau yang ditebang untuk tambak udang jauh, lebih rentan mengalami angin topan dan gelombang pasang yang merusak.  

Manfaat hutan bakau bagi manusia setidaknya melindungi dari bencana alam seperti terjangan badai, abrasi, angin topan, atau bahkan tsunami.

  • Sumber Daya untuk Manusia

Apakah manfaat hutan bakau yang terakhir namun tak kalah penting yaitu menjadi sumber daya untuk manusia. Perlu diketahui, hutan bakau menyediakan banyak sumber daya yang dapat dimanfaatkan manusia, khususnya masyarakat yang tinggal di pesisir.

Saat air surut, Anda dapat berjalan melintasi dataran pasang surut di hutan bakau untuk mengumpulkan kerang dan udang. Saat air pasang, ikan masuk untuk mencari makan di antara semak-semak akar tanaman bakau.

Tentu lingkungan berawa ini menjadi lokasi tangkapan ikan kaya dan berlimpah. Selain itu, pohon bakau juga menyediakan bahan bakar, obat-obatan, tanin, dan kayu untuk membangun rumah dan perahu.

  • Sumber Pakan Ternak

Selanjutnya apakah manfaat hutan bakau untuk manusia dan masyarakat di sekitar. Manfaat hutan bakau bagi manusia yaitu sebagai sumber pakan ternak. Dalam hal ini, sisa-sisa pohon mangrove yang rusak dapat dihancurkan dan digiling menjadi bubuk pakan ternak yang kaya nutrisi.

Diketahui, bubuk kayu pohon mangrove ini mengandung mineral, protein, dan kalori yang mendukung perkembangan ternak. Selain itu, pohon mangrove juga memiliki kandungan tanin dan nutrisi penting lainnya yang baik untuk kesehatan hewan ternak.

  • Sumber Pendapatan Nelayan

Apakah manfaat hutan bakau? Manfaat hutan bakau bagi manusia juga dapat menjadi sumber pendapatan nelayan. Seperti diketahui, hutan bakau adalah tempat beragam spesies  laut tinggal. Di sini, Anda bisa mendapatkan ikan, udang, kepiting, dan hewan-hewan laut lainnya yang dapat dijual.

Tentu saja, disarankan untuk menggunakan metode penangkapan ikan yang alami dan tidak merusak lingkungan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat yang berlimpah dari hutan bakau, tanpa mengancam kerusakan lingkungan dan ekosistemnya.

  • Potensi Pariwisata

Apakah manfaat hutan bakau? Manfaat hutan bakau bagi manusia yang terakhir tidak lain berkaitan dengan potensi wisata. Hutan bakau yang padat dan rindang menjadi wisata alam menarik yang dapat dikunjungi masyarakat. Lebih baik lagi, jika tata letak hutan bakau dirancang sedemikian rupa hingga menyajikan lingkungan yang nyaman dan indah.

Selanjutnya, pendapatan yang dihasilkan dari kawasan wisata hutan bakau ini selanjutnya digunakan untuk pengelolaan lingkungan yang lebih baik. Dengan begitu, pembukaan wisata hutan bakau bukan hanya untuk tujuan finansial saja tetapi juga pemeliharaan lingkungan yang semakin baik.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini