5 Manfaat Air Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan, Bantu Cegah Depresi

Senin, 15 November 2021 11:55 Reporter : Jevi Nugraha
5 Manfaat Air Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan, Bantu Cegah Depresi Ilustrasi daun sirih. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Daun sirih merupakan tanaman herbal yang cukup populer di Indonesia. Tanaman yang biasa ditemui di kebun-kebun rumah ini, kerap dijadikan obat rumahan. Banyak sekali manfaat daun sirih seperti mengatasi bau badan, mimisan, hingga mencegah kanker.

Melansir dari Herbal Life, daun sirih memiliki kandungan hidroksikavinol, kavibetol, betelfenol, dan lainnya. Beberapa kandungan tersebut dipercaya efektif untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit kronis. Tentu saja, manfaat ini bisa diperoleh dengan cara mengonsumsinya secara teratur.

Untuk mendapatkan manfaat daun sirih, Anda dapat merebusnya menjadi minuman herbal. Berikut beberapa manfaat air rebusan daun sirih yang merdeka.com lansir dari Herbal Life:

2 dari 3 halaman

Mengatasi Diabetes

pada anak

©www.mirror.co.uk

Diabetes melitus adalah penyakit atau gangguan metabolisme kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Biasanya, kondisi ini menyebabkan penderita mengalami beberapa gangguan organ tubuh. Apabila tidak segera diatasi, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderita.

Melansir dari Healthline, diabetes melitus terjadi karena tingginya kadar gula darah yang disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat dari insufisiensi fungsi lain. Selain itu, glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat memicu terjadinya berbagai gangguan organ tubuh.

Mengonsumsi air rebusan daun sirih dapat membantu mencegah hal ini pada diabetes dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap utuh. Bahkan minyak daun sirih juga bisa digunakan oleh penderita diabetes.

Meringankan Sembelit

Manfaat air rebusan daun sirih selanjutnya adalah sumber antioksidan yang membersihkan radikal bebas dari tubuh. Ia juga mengembalikan tingkat PH normal dalam tubuh dan membantu sakit perut.

Ayurveda secara luas merekomendasikan makan daun sirih untuk menghilangkan sembelit. Hancurkan daun sirih dan masukkan ke dalam air semalaman. Minumlah air di pagi hari saat perut kosong untuk melancarkan buang air besar.

Mencegah Penyakit Kanker

Daun sirih memiliki senyawa fenolik di dalamnya yang dapat mengandung berbagai khasiat seperti anti bakteri, anti mutagenik, antioksidan, dan anti proliferatif.

Daun sirih hijau juga memiliki kandungan fitokimia yang tinggi, yang dapat membantu melawan kanker mulut dan usus besar. Daun sirih juga membantu melawan stres oksidatif dan menghilangkan radikal bebas. Kedua faktor ini penting dalam mencegah kanker.

3 dari 3 halaman

Menurunkan Risiko Depresi

021 tantri setyorini©2018 Merdeka.com/Pixabay

Depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan suasana hati yang terus mengalami tekanan dan kehilangan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, seseorang yang mengalami depresi juga tidak bisa membina hubungan baik dengan lingkungan sekitar. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti mengalami kesedihan yang mendalam dan memiliki pengalaman traumatis.

Kondisi traumatis ini dapat bersifat objektif maupun subjektif, baik itu karena kekerasan fisik, emosional, hingga kejadian yang bisa mengancam nyawa. Gangguan depresi jika tidak segera diatasi maka dapat memicu penderita melakukan tindakan bunuh diri.

Salah satu pengobatan populer ini dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih dalam masalah depresi. Ini karena mereka merangsang aktivitas di sistem saraf pusat, dan membantu menghasilkan perasaan gembira, sejahtera, dan bahkan bahagia.

Daun sirih juga membantu menghasilkan senyawa fenolik aromatik yang akhirnya merangsang jumlah katekolamin dalam sistem Anda, yang secara langsung terkait dengan penurunan depresi. Ini bisa menjadi pengobatan herbal yang baik untuk orang di samping pengobatan klinis.

Mengatasi Maag

Manfaat air rebusan daun sirih hijau lainnya untuk mengatasi masalah maag. Kandungan fitokimia yang ada pada daun sirih memiliki sifat antioksidan dan anti maag.

Sakit maag dapat menyebabkan kerusakan lapisan perut, penurunan produksi lendir lambung, dan banyak stres oksidatif. Saat Anda mengonsumsi daun sirih, maag Anda sembuh, jumlah lendir lambung yang diproduksi oleh tubuh Anda meningkat dan stres oksidatif turun karena antioksidan.

Daun sirih tidak hanya menenangkan sistem pencernaan Anda saat maag sedang disembuhkan, tetapi juga dapat menyelamatkan Anda dari sejumlah masalah terkait perut di masa depan yang berasal dari ulkus yang diabaikan. [jen]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini