Tipu calon jemaah umroh dengan tiket palsu, Manager Travel ini diringkus

Kamis, 28 Desember 2017 15:03 Reporter : Ahda Bayhaqi
Tipu calon jemaah umroh dengan tiket palsu, Manager Travel ini diringkus Ilustrasi borgol. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Manager Operasional Travel Medina Zein Global Travelindo, Hermansyah, ditangkap kepolisian Bandara Soekarno-Hatta lantaran menggelapkan tiket dan visa orang calon jemaah umroh. Dari total 79 yang akan berangkat, 58 orang di antaranya gagal karena diberikan tiker palsu.

"Ada penyelewengan jabatan yang dilakukan oleh pihak travel dia itu. Si manager ini yang melakukan penyelewengan tanpa sepengetahuan direktur. Ada puluhan jemaah yang tiketnya dipalsukan," ujar Kapolres Bandara Soekarno-Hatta, AKBP Yusep Gunawan, saat dikonfirmasi, Kamis (28/12).

Sebanyak 79 calon jemaah mulanya akan berangkat umroh pada Sabtu (22/12). Saat pemeriksaan tiket, 58 orang tak bisa diberangkatkan karena tiket palsu.

"Saat akan mengantar 79 jemaah ternyata untuk 58 jemaah tiketnya tidak dapat digunakan untuk berangkat dikarenakan tiketnya diduga palsu, tetapi hanya 21 jemaah yang dapat diberangkatkan," jelas Yusep

Mereka melaporkan ke pihak travel terkait dugaan penipuan ini. Penelusuran Direktur Travel, menemukan ada penyelewengan oknum manager operasional. Dalam kasus ini perusahaan mengalami kerugian Rp 623 juta.

Yusep menyebut pelaku tidak kali ini saja melancarkan penipuan. Dia kerap berpindah-pindah travel dan melakukan modus serupa.

"Ternyata si manager ini sebelumnya sudah pernah kasus di travel-travel lainnya. Dia sudah pindah-pindah di beberapa travel," ucap Yusep.

Sementara, pihak travel sendiri telah menyelesaikan masalah ini dan mengganti tiket milik jemaah. Semuanya sudah diberangkatkan dan diganti rugi.

"Sudah berangkat semua. Karena pihak travel langsung mengganti kerugian dan jamaah sudah diberangkatkan semua," jelas Yusep.

Baca juga:
Karyawan gadungan PT Pos jual meterai palsu di Kampar
Tipu ratusan jemaah umrah, bos Hanien Tour Solo ditangkap polisi
Jual ginjal demi bayar utang Rp 350 juta, Ita cuma dibayar Rp 70 juta
Sidang penipuan kreditur BPR ricuh, hakim sampai usir korban keluar
Ditelepon orang mengaku polisi, Setyo tertipu Rp 1,5 juta
Lakukan penipuan jual beli tanah, kepala desa di Aceh ditangkap polisi
Berkas penipuan PT MGI berkedok pulsa sudah P21, aset di Hongkong terus dikejar

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini