Terinspirasi cara Jokowi, Sandiaga ajak makan siang sopir angkot

Rabu, 31 Januari 2018 17:11 Reporter : Syifa Hanifah
Terinspirasi cara Jokowi, Sandiaga ajak makan siang sopir angkot Sandiaga penuhi panggila Polda Metro Jaya. ©2018 Merdeka.com/Ronald

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menemui 12 perwakilan sopir angkot yang berdemo akibat dari penutupan Jalan Jatibaru Tanah Abang. Sebelum melakukan diskusi, sopir angkot diajak makan siang terlebih dahulu.

Sandiaga mengatakan, teknik mediasi tersebut dipelajarinya dari Presiden Joko Widodo yang selalu mengajak tamu-tamu untuk menyantap makan siang. Sebab, dia meyakini jika perut terisi seseorang bisa lebih tenang.

"Kaya Pak Jokowi undang makan, terus terang dapat ilmu itu dari Pak Jokowi dan Pak jokowi bilang kalau sudah makan kan orang lebih tenang," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (31/1).

Dalam pertemuan, dia mengungkapkan, sopir angkot menuntut keadilan atas penutupan jalan di depan Stasiun Tanah Abang. Sebab mereka menilai, Pemprov DKI keadilan saat ini hanya untuk para pedagang. Untuk itu, dia akan mencari solusi.

Mengenai penurunan pendapatan sopir, Sandiaga mengatakan, akan menghentikan Tanah Abang Explorer. Pasalnya, sopir angkot mengeluh karena banyak penumpang memilih menggunakan bus milik Transjakarta lantaran tak berbayar.

"Untuk sementara Tanah Abang Explorer distop supaya mereka sudah menyatakan kalau Tanah Abang Explorer distop mereka pendapatan naik," jelasnya.

Namun terkait pembukaan Jalan Jatibaru Raya, politisi Gerindra ini memastikan tidak akan membuka jalan tersebut. Jika pun jalan itu tetap dibuka, Sandiaga menyiapkan opsi yakni Tanah Abang Explorer kembali dibuka.

"Saya bilang Oke kalau saya buka. Saya adakan Tanah Abang Explorer, terus kamu (sopir angkot) penghasilannya enggak nambah, dukung enggak? Enggak dukung. Itukan bukan solusi. Solusinya adalah kalau pendapatan mereka naik," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini