Sejumlah Hewan Kurban di Kepulauan Seribu Mengandung Cacing Hati

Senin, 3 Agustus 2020 02:33 Reporter : Ya'cob Billiocta
Sejumlah Hewan Kurban di Kepulauan Seribu Mengandung Cacing Hati Ilustrasi hewan kurban. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Belasan kilogram organ dari sejumlah hewan kurban di Kepulauan Seribu mengandung cacing hati. Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu akhirnya memusnahkan belasan kilogram organ hewan kurban yang mengandung cacing hati karena tidak layak konsumsi.

"Cacing hati ditemukan pada delapan ekor sapi dan satu ekor kambing dengan total 11,5 kilogram," kata pejabat Sudin KPKP Kepulauan Seribu Guyantoro, Minggu (2/8).

Kasus lainnya, yakni penemuan radang paru-paru pada seekor sapi dan kambing dengan organ sebanyak dua kilogram. "Semua organ itu telah dimusnahkan," ujarnya.

Guyantoro mengatakan total 244 ekor hewan kurban yang dipotong usai pelaksanaan Salat Idul Adha pada Jumat (31/7). Hewan kurban itu terdiri atas 48 ekor sapi, 64 ekor kambing dan 132 ekor domba.

Pemeriksaan hewan kurban bekerja sama dengan tenaga pemeriksa dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jakarta sebanyak enam orang, dan Dinas KPKP DKI Jakarta sebanyak satu orang. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Hewan Kurban
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini