Puncak Lebaran Betawi, Anies Sebut 'Jakarta Simbol Persatuan Indonesia'

Minggu, 21 Juli 2019 13:12 Reporter : Merdeka
Puncak Lebaran Betawi, Anies Sebut 'Jakarta Simbol Persatuan Indonesia' Anies sambutan lebaran betawi. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Anies Baswedan menyampaikan sambutan pada puncak acara lebaran Betawi di lapangan Monas hari ini. Anies menyatakan DKI adalah simbol persatuan Indonesia.

"Insya Allah Jakarta jadi simbol persatuan Indonesia. Kita ingin Jakarta, di mana menjadi tuan rumah di kota kita sendiri," kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (21/7).

Anies menyebut kebudayaan Betawi harus dikembangkan dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Jangan sampai menjadi penonton di kota sendiri, tidak boleh merasa orang asing di kota sendiri, ini tanah kita, ini air kita, ini tanah air kita. Karena itu menjadi tradisi dikembangkan, dan ditumbuhkan bukan pelestarian, kalau pelestarian menjadi barang kuno," kata dia.

Mantan Mendikbud itu mencontohkan tradisi Betawi yakni takbir keliling. Sempat dilarang, kini Anies mengizinkan kembali takbir keliling saat malam lebaran.

"Jangan sampai menjadi tamu di kota sendiri," ucapnya

Diketahui, Lebaran Betawi ini mengusung tema, Dengan Budaye Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia.

Selain Anies, nampak Ketua Bamus Betawi Abraham Lunggana alias Lulung hadir. Selain itu hadir pula politisi Hidayat Nur Wahid.

Ketua Panitia Lebaran Betawi, M Rifqi, mengatakan kegiatan ini dimeriahkan oleh beragam acara yang mengandung unsur kesenian khas Betawi, antara lain sohibul hikayat, tanjidor, gambus, marawis, palang pintu, tarian Betawi, atraksi silat Betawi, gambang kromong, hingga lenong.

Reporter: Delvira Hutabarat

Sumber: Liputan6.com [did]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini