PTM 100 Persen di Tengah Level 2 PPKM, Pemprov DKI Diminta Kebut Vaksinasi Covid-19

Rabu, 5 Januari 2022 14:04 Reporter : Henny Rachma Sari
PTM 100 Persen di Tengah Level 2 PPKM, Pemprov DKI Diminta Kebut Vaksinasi Covid-19 33 sekolah di Jakarta Selatan gelar belajar tatap muka. ANTARA

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan kapasitas 100 persen. Dibukanya PTM sesuai SKB 4 Menteri yang mengatur tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Namun, perkembangan terbaru pemerintah baru saja menaikkan PPKM ke level 2 di mana kebijakan ini diambil mengingat semakin tingginya angka penularan varian omicron di beberapa daerah.

Wakil Ketua Komisi III DPR asal DKI Jakarta Ahmad Sahroni mengingatkan Pemprov DKI terus menggenjot vaksinasi Covid-19 terutama kepada siswa dan pengajar. "Sambil meningkatkan tracing atas kasus-kasus Omicron yang ditemukan," kata Sahroni di Jakarta, Rabu (5/1).

Monitoring dan evaluasi, juga harus ditingkatkan. Mengingat sejauh ini belum ditemukan klaster Omicron di sekolah. "Namun, monitoring rutin harus dilakukan secara ketat. Pastikan protokol kesehatan diterapkan."

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana menyampaikan, pelaksanaan PTM 100 persen dapat dilakukan dengan sejumlah ketentuan. Yaitu capaian vaksinasi dosis 2 pada pendidik dan tenaga kependidikan di atas 80 persen, capaian vaksinasi dosis 2 pada masyarakat lansia di atas 50 persen, serta vaksinasi terhadap peserta didik yang terus berlangsung sesuai ketentuan perundang-undangan di tingkat kota/kabupaten.

"PTM Terbatas dilaksanakan setiap hari. Jumlah peserta didik dapat 100 persen dari kapasitas ruang kelas dengan lama belajar paling banyak 6 jam pelajaran per hari," kata Nahdiana dalam keterangan tertulis, Senin (3/1).

Dia menambahkan, bagi peserta didik yang belum dapat mengikuti PTM Terbatas di sekolah lantaran pertimbangan orang tua, dapat memberikan keterangan kepada pihak sekolah dan akan tetap memperoleh layanan pembelajaran secara daring, serta tetap mendapat hak penilaian.

Dia juga menyebut, Dinas Pendidikan akan berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta untuk melaksanakan Active Case Finding (ACF) atau melacak kasus secara aktif sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

Apabila warga sekolah terindikasi terpapar Covid-19, satuan pendidikan tersebut menghentikan sementara PTM selama 5 hari pada rombongan belajar yang terdapat kasus Covid-19 dan pembelajaran dilaksanakan secara daring. [rhm]

Baca juga:
Komisi IX Minta Aturan PTM Dievaluasi: Jangan Hilangkan Hak Orangtua untuk Pilih PJJ
Jelang PTM 100 Persen, Pemkot Depok Perketat Penanganan Covid-19 di Sekolah
Kemendikbudristek Sebut Perguruan Tinggi Bersiap Gelar PTM
Belanda Tetap akan Buka Sekolah Meski Kasus Covid-19 Masih Tinggi
PPKM di Jakarta Naik Level 2, PTM Kapasitas 100 Persen di Sekolah Tetap Berjalan
PTM 100 Persen, Ini Skema Belajar yang Diterapkan Disdik Palembang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini