PKL sate taichan sekitar GBK akan dipindah ke golf Senayan hingga halaman Kemendikbud

Kamis, 12 Juli 2018 20:23 Reporter : Merdeka
Pedagang kaki lima. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Pemprov DKI Jakarta berencana memindahkan pedagang sate taichan dan pedagang kaki lima (PKL) kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, selama Asian Games 2018. Menurut wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno, lokasi alternatif merelokasi para PKL itu menutup salah satu jalan di sekitar GBK untuk dijadikan kuliner pasar malam.

"Kita minta Senayan City give a night market for taichan atau Plaza Senayan, jalan-jalannya gede-gede begitu. Just for Asian Games ditutup dari ujung ke ujung dari jam 20.00-02.00 WIB," kata Sandiaga di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (12/7).

Dia mengatakan, alternatif lainnya memindahkan para pedagang ke kawasan DPR hingga memanfaatkan lapangan golf di Senayan. Dia beralasan tidak ada orang yang bermain golf saat malam hari.

Terlebih ada kewajiban mal dan perkantoran menyediakan tempat untuk PKL diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2002 tentang Perpasaran Swasta. Serta saat kepemimpinan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok juga mengeluarkan Perpu Nomor 10 tahun 2015 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL.

"Tadi saya bilang di DPR atau didorong dekat Senayan City. Atau lapangan golf milik teman saya Gita Wirjawan, mungkin bisa pakai pelataran," ucapnya.

Sedangkan untuk pedagang di depan FX Sudirman, Sandiaga menyebut dapat dipindahkan ke halaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Alangkah baiknya kalau kita bisa bicara sama Kemendikbud, di depan parkirnya gede. Bisa ditaruh 30an pedagang kecil di sana," jelas Sandi.

Reporter: Ika Defianti

Sumber: Liputan6.com [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini