Kebut Proyek ITF, Anies Gabungkan Dinas Lingkungan Hidup dan Energi

Senin, 24 Juni 2019 17:56 Reporter : Merdeka
Kebut Proyek ITF, Anies Gabungkan Dinas Lingkungan Hidup dan Energi Halal Bihalal PNS Pemprov DKI. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, merevisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Perubahan yang diatur antara lain adalah penggabungan Dinas Lingkungan Hidup (LH) dengan Energi.

Anies berharap, perubahan struktur itu dapat mempercepat terwujudnya Intermediate Treatment Facility (ITF) atau pengelolaan sampah. Sebab, kapasitas pembuangan sampah di Bantargebang, Bekasi sudah mencapai 80 persen.

"Dengan adanya ITF ini, pengolahan sampah ini menjadi energi di sini dibutuhkan payung hukum, dan Insya Allah nanti dengan adanya Perda ini, maka kita bisa mempercepat realisasi kerjasama ITF," kata Anies saat ditemui di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, pada Senin (24/6).

"Sehingga target untuk membangun sekurang-kurangnya 4 ITF di Jakarta bisa direalisasikan," lanjutnya.

Anies menyampaikan, selain untuk mempercepat pembangunan ITF, persoalan pembiayaan juga menjadi salah satu pertimbangan dari penggabungan kedua dinas tersebut. Sebab, Perda Nomor 5 Tahun 2019 tersebut disusun sebelum adanya asumsi tentang ITF.

Kemudian, pembubaran Dinas Perindustrian dan Energi juga disebabkan karena beban kerja urusan energi tak memenuhi ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 99 Tahun 2018. Anies pun menilai bahwa penggabungan tersebut juga menyesuaikan nomenklatur pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) yang sama dan terkait dengan target RPJMD 2018-2022.

"Dinas Lingkungan Hidup menjadi Dinas Lingkungan Hidup dan Energi dengan pertimbangan integrasi pengembangan energi yang aman dan handal dengan konsep lingkungan hidup yang ramah dan berkelanjutan," kata Anies mengakhiri.

Reporter: Ratu Annissa Suryasumirat

Sumber: Liputan6.com [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini