Gerindra Usung Riza Patria, PKS Tetap Perjuangkan Kader Jadi Cawagub

Senin, 30 Desember 2019 18:00 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Gerindra Usung Riza Patria, PKS Tetap Perjuangkan Kader Jadi Cawagub Hidayat Nur Wahid di Dialog Kebangsaan. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua Dewan Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid menegaskan pihaknya akan terus memperjuangkan kadernya sebagai wagub DKI Jakarta. Hal ini pun memupuskan upaya DPD Gerindra yang mengusung Riza Patria sebagai calon tunggal pendamping Anies Baswedan.

Menurut dia, pernyataan bahwa PKS setuju dengan diusungnya Riza Patria merupakan pernyataan sepihak. "Iya dong. Pernyataan sepihak. Tapi kan dia (bilang) insya Allah. Berarti dia juga tidak yakin," kata Hidayat, saat ditemui, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (30/12).

PKS, kata dia, akan terus berupaya agar posisi DKI 2 diisi oleh kader sebagaimana kesepakatan dengan Gerindra. Terkait siapa kader yang bakal diajukan sepenuhnya merupakan wewenang DPP PKS.

"Pastilah DPP PKS akan memperjuangkan apa yang selama ini dijanjikan Gerindra untuk kemudian memajukan dari calon PKS, sejauh mana itu kemudian bisa diperjuangkan," ungkapnya.

Diketahui, sejauh ini ada dua calon wagub DKI asal PKS yang akan dipilih oleh DPRD. Keduanya yakni Sekretaris DPW PKS Agung Yulianto dan mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu.

"Kemarin dikesankan seolah-olah dua nama itu tidak diterima. Seolah-olah kan begitu, tapi kan juga belum ada pembuktiannya. Belum ada misalnya, kan selalu saja, kemarin DPRD dengan dalih tidak kuorum, tidak kuorum, tidak kuorum kemudian selalu diundurkan," terang dia.

"Kenapa tidak kuorum, harusnya kuorum kemudian bahaslah itu diterima atau ditolak. Kalau diterima ya dengan segala konsekuensinya. Kalau ditolak, kami PKS kan juga harus membuat penyikapan politik baru. Tapi kan sampai hari ini belum dilaksanakan itu sidang paripurna DPRD untuk memilih dua nama yang diajukan oleh PKS," imbuhnya.

1 dari 1 halaman

Sebelumnya diberitakan, DPD Gerindra DKI Jakarta, mengusulkan nama Ahmad Riza Patria untuk mengisi posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik yang memperkenalkan kepada warga Jakarta bahwa pihaknya mengusung nama Riza Patria untuk mengisi kekosongan wagub DKI pendamping Anies Baswedan.

Taufik menilai, Riza tak perlu diragukan lagi pengalaman dan pemahamannya tentang Jakarta. Dia juga mengklaim, PKS telah merestui Riza sebagai Wagub DKI.

"Insya Allah direstui PKS," kata Taufik di Wisma Garuda, Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (29/12). [bal]

Baca juga:
Gerindra Jakarta Usung Ahmad Riza Patria Jadi Wagub
Wagub Tak Kunjung Terpilih, DPRD DKI Janji Bentuk Panitia Pemilihan Awal 2020
DPRD Belum Terima Dua Nama Pengganti Cawagub DKI
PKS dan Gerindra Sepakat Usung Satu Kandidat Cawagub DKI
Tahun Berganti, Anies Masih Sendiri Pimpin DKI
Gerindra Akan Bahas Ulang Kursi Wagub DKI dengan PKS

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini