DPRD tegur anak buah Anies-Sandi di Disnakertrans soal gedung diklat Pasar Rebo

Kamis, 23 November 2017 20:30 Reporter : Hari Ariyanti
DPRD tegur anak buah Anies-Sandi di Disnakertrans soal gedung diklat Pasar Rebo Gedung Balai Kota DKI Jakarta. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Komisi B DPRD DKI Jakarta menyoroti kondisi gedung Balai Latihan kerja (BLK) yang ada di Pasar Rebo, Jakarta Timur. Bangunan itu dinilai tak layak.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi B, Darussalam, saat menggelar rapat dengar pendapat dengan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta, Priyono, Kamis (23/11).

"Kemarin selesai kunjungan saya melihat gedung-gedung tempat pelatihannya itu, sedikit kurang layak jadi masih banyak yang harus diperluas itu program kapan?" tanya Darussalam.

Selain menyoroti kualitas bangunan gedung, Komisi B juga mempertanyakan target peserta pelatihan yang ada di setiap BLK. "Anak-anak yang belajar katanya kemarin seratus orang jadi mau bertanya selama setahun targetnya bagaimana sih Pak di setiap tempat diklat itu?" tanyanya kembali.

Pihaknya juga menemukan adanya peserta diklat yang tak ber-KTP DKI Jakarta. Dasar aturan menerima warga dari luar Jakarta juga dipertanyakan.

Darussalam meminta Disnakertrans rutin melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah sehingga anak-anak yang tak melanjutkan kuliahnya bisa mengikuti pelatihan di BLK.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Disnakertrans DKI Jakarta, Priyono mengatakan kondisi gedung di BLK Pasar Rebo ada beberapa yang harus direnovasi. Pembangunan aula pasar juga mempengaruhi kondisi BLK.

"Kemarin juga pasar itu membuat aula baru terus ruangan dan tentunya kemarin ubinnya diinjak-injak, itu loncat-loncat," ujarnya.

Terkait peserta pelatihan, di 2017 ini sebanyak 7 ribu orang. Di mana tiap BLK kuotanya seribu orang. Jumlah BLK di DKI Jakarta sebanyak tujuh unit.

"Jadi mungkin rencana 2018 kita akan melatih sekitar 7 ribu lebih," sebutnya.

Program pelatihan juga akan diintegrasikan dengan Program OK Oce sehingga Disnakertrans akan melatih 13 ribu peserta pada 2018. Untuk sosialisasi, pihaknya akan bekerja sama dengan lurah dan berkirim surat ke RW. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. PNS DKI Jakarta
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini