DPRD DKI Sebut Rotasi Jabatan Anies Rentan Jual Beli Jabatan

Jumat, 1 Maret 2019 21:30 Reporter : Fikri Faqih
DPRD DKI Sebut Rotasi Jabatan Anies Rentan Jual Beli Jabatan Anies Baswedan. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono heran dengan perombakan jabatan yang dilakukan Gubernur Anies Baswedan. Pasalnya, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu merotasi 1.125 pejabat secara langsung.

Gembong mengaku, baru pertama kali melihat perombakan jabatan besar besar hingga melibatkan ribuan pejabat. Menurutnya, pola semacam ini rentang adanya jual beli jabatan.

"Belum pernah dengar perombakan sebanyak itu, dia (Anies) memang spektakuler. Jumlah banyak rentan kendalinya makin longgar. Bisa saja ada jual beli jabatan," katanya saat dihubungi merdeka.com, Jumat (1/3).

Dia menjelaskan, perombakan yang dilakukan secara ketat akan menghasilkan mutasi pejabat yang tidak terlalu besar. Namun, tingkat pengendalian akan adanya jual beli jabatan semakin mudah. Selain itu, juga akan mempermudah adanya evaluasi dari rotasi tersebut.

"Peluang beda dengan mengangkat 10 orang, bisa dievaluasi. Sekarang kalau udah ribuan orang itu gimana evaluasinya," tutupnya.

Diketahui, Anies merombak 1.125 pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (25/2). Dari 1.125 jabatan administrator dan pengawasan yang dilantik, 15 di antaranya pejabat pimpinan tinggi pratama.

Sementara itu, administrator atau pejabat eselon III sebanyak 274 orang dan pengawas atau pejabat eselon IV sebanyak 836 orang. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini