Banyak Warga Gowes Sepeda Kantor, Anies Imbau Buat Parkiran Khusus dan Tempat Mandi

Minggu, 8 September 2019 16:05 Reporter : Merdeka
Banyak Warga Gowes Sepeda Kantor, Anies Imbau Buat Parkiran Khusus dan Tempat Mandi Anies Baswedan Naik sepeda. ©2019 Instagram

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, punya hobi baru akhir-akhir ini. Dia memilih bersepeda ke berbagai tempat tujuan.

Dia berharap semakin banyak warga Jakarta bersepeda. "Ini pun sepeda lama, sepeda yang saya pakai ketika saya kuliah dulu di Amerika. Saya bawa pulang ke sini," ujar Anies di area Stasiun Lebak Bulus, Jakarta, Minggu (8/9).

Apalagi, katanya, sekarang ini yang banyak bersepeda hanyalah para profesional papan atas atau pejabat. Hal ini karena ruangan mereka memiliki kamar mandi, sehingga mudah ganti baju bila berkeringat.

"Tapi bagi pegawai umumnya, tidak ada fasilitas yang cukup. Karena itu kita harus dorong banyak yang punya tempat parkir dan kamar mandi jadi siapa saja bisa naik sepeda," ujarnya.

Ke depan, katanya, Pemprov DKI akan memperbanyak jalur khusus sepeda di Jakarta. Anies juga menganjurkan kepada gedung-gedung perkantoran untuk menyediakan parkiran khusus sepeda, serta tempat untuk mandi.

Namun, untuk hal ini didorong menjadi Instruksi Gubernur, Anies mengaku akan lebih mendalaminya dulu.

"Sekarang kita siapkan fasilitasnya dulu. Jangan kita bikin sebuah instruksi (gubernur) sebelum fasilitasnya siap. Nanti arahnya ke sana," lanjutnya.

Selain menyalurkan hobinya, Anies bercerita dengan menggowes sepeda dia lebih mudah untuk memeriksa pekerjaan di lapangan. Apalagi dalam memeriksa jalanan di Jakarta.

"Jadi kalau pemeriksaan jalan, kampung, saya kerjakan dengan sepeda. Itu jauh lebih efisien," tuturnya.

Di sisi lain, Anies menegaskan sepeda adalah sebuah alat transportasi, bukan alat olahraga. Sehingga, masyarakat harusnya bisa lebih sering memakai sepeda untuk bepergian. Hal itu sangat positif mengurangi emisi yang ada di Kota Jakarta.

"Jadi, saya ingin dorong warga melihat sepeda sebagai alat transportasi, bukan sebagai alat olahraga saja. Dan yang terakhir kita ingin banyak yang menggunakan kendaraan bebas emisi," ucapnya.

Reporter: Ratu Annissa Suryasumirat

Sumber: Liputan6.com [lia]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini