Banyak Pohon Ditebang dan Lahan Dibeton, Ketua DPRD DKI Kritik Revitalisasi Monas

Senin, 27 Januari 2020 17:00 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Banyak Pohon Ditebang dan Lahan Dibeton, Ketua DPRD DKI Kritik Revitalisasi Monas Proyek revitalisasi Monas. ©2020 Merdeka.com/Nur Habibie

Merdeka.com - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengaku terkejut ketika melihat proyek revitalisasi Monas yang dikerjakan Pemprov DKI. Hal ini dia sampaikan setelah meninjau kawasan Monas.

"Saya langsung turun ke lapangan, saya melihat revitalisasi Monas yang saya anggarkan ternyata kok beda dengan pemikiran saya. Saya pikir Monas daerah ring satu, daerah penyerapan dan di tata ruang RTRW-nya ini ruang hijau kok dibuat seperti ini," kata dia, di Kawasan Monas, Jakarta, Senin (27/1).

Dia pun mengomentari soal pohon-pohon yang dipindahkan dan ditebang. Hal tersebut secara tegas dia tentang.

"Ada 71 yang dipindahkan, ada 7 yang besar dipotong. Itu kan enggak boleh. Itu puluhan tahun sudah dibangun. Dan saya juga akan lihat yang dipindahkan itu mana pohonnya," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Dia pun mempertanyakan soal lahan tanah di kawasan Monas yang sudah dibeton. Sebagai daerah serapan, hal tersebut seharusnya tidak dibuat di ikon ibu kota tersebut.

"Saya melihat kalau ini jadi serapan kok ini dibeton. Padahal ini kan daerah serapan yang given tidak boleh dibuat apa-apa. Harus dikembalikan semua," ujarnya .

"Gimana serapan kita? Sekarang Monas sudah banjir. Tadi saya lihat di gorong-gorong tidak ada pembersihan. Nah gimana ini perawatannya. Itu kan ada anggaran semua," tambah Prasetio.

Karena itu, lanjut dia, proyek revitalisasi yang sedang dijalankan telah melanggar fungsi awal kawasan Monas. "Ini adalah suatu pelanggaran fungsi awal yang mungkin nanti saya akan panggil para pihak untuk bisa menjelaskan ini, kalau tidak saya berhentikan," tegas dia. [bal]

Baca juga:
Ketua DPRD DKI Temukan Kejanggalan Proyek Revitalisasi Monas
Ajukan Izin Revitalisasi Monas, Pemprov DKI Lampirkan Desain Hasil Sayembara
Penampakan Pohon Dipindahkan untuk Revitalisasi Monas
Mimpi Bung Karno, Patung Banteng di Sudut Monas
Pemprov DKI Akui Belum Kantongi Izin Revitalisasi Monas dari Kemensesneg

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini