Anies Sebut Karya Bambu Joko Avianto Sering Tampil di Mancanegara

Sabtu, 20 Juli 2019 17:04 Reporter : Merdeka
Anies Sebut Karya Bambu Joko Avianto Sering Tampil di Mancanegara Pembongkaran Bambu Getah Getih di Bundaran HI. ©2019 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjelaskan alasannya memilih instalasi bambu Getih Getah yang baru saja dibongkar di Bundaran HI, Jakarta. Menurutnya, harusnya masyarakat merasa bangga instalasi itu bisa ditampilkan di lokasi strategis ibu kota.

Sebab, karya milik Joko Avianto tersebut sudah sering ditampilkan di mancanegara.

"Karya bambunya (milik Joko Avianto) pernah dipampang di Esplanade Singapura, Yokohama dan Frankfurt. Kita senang ada putra bangsa, seorang seniman berkelas, Joko Avianto yang seni bambunya ikut mewarnai pusat kota Jakarta selama hampir setahun," tutur Anies dalam foto unggahan di Instagram pribadinya @aniesbaswedan, Sabtu (20/7).

"Seni bambu karya Joko Avianto itu bukan hanya jadi tamu mempesona di negeri orang, tapi juga tuan rumah di negeri sendiri!" lanjut Anies.

Selain itu, Anies menegaskan bagaimana instalasi bambu itu juga telah membantu perekonomian rakyat. Bambu itu sendiri disebutnya berasal dari petani lokal di Jawa Barat.

Dana pun diterima langsung oleh pelaku ekonomi mikro dan kecil, bukan pelaku ekonomi besar. Menurutnya, dana itu menjangkau petani serta seniman bambu, termasuk juga tenaga kerja terampil, jasa angkutan, dan tukang pasang hingga bongkar.

"Penerima manfaat itu adalah kelompok-kelompok masyarakat yang jarang menerimanya. Itu prinsip dasar ekonomi makro," jelas Anies.

Reporter: Ratu Annisaa Suryasumirat [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini