Anies Nilai Penting Proses Demokrasi Dijalankan dengan Adil

Minggu, 26 Mei 2019 20:05 Reporter : Merdeka
Anies Nilai Penting Proses Demokrasi Dijalankan dengan Adil Anies Buka Festival Jakarta Great Sale. ©2019 Merdeka.com/Liputan6.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku cuitannya di Twitter pada tahun 2013 mengenai demokrasi masihlah relevan, dengan situasi politik yang ada sekarang. Cuitan itu menyebut, suksesnya demokrasi ditentukan bukan oleh pemenang, tetapi oleh kemauan pihak-pihak yang kalah untuk menerima kekalahan. Hal itu juga dituliskan Anies sewaktu dia masih belum menjabat sebagai gubernur.

"Semua pernyataan tentang demokrasi itu rumus. Rumus mendasar. Jadi itu adalah rumus yang dalam proses demokrasi begitu," tukas Anies di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (26/5).

Karena itu, Anies menganggap penting agar proses demokrasi dijalankan dengan adil, jujur, tertib dan bersih. Hal ini agar masyarakat bisa menerima hasil yang ada dengan tenang.

"Karena ada kejujuran, ada ketertiban, ada keadilan, itu sebabnya banyak dilihat di semua negara. Begitu prosesnya bersih, rapi, maka tidak ada excess, itu penting sekali," ujar ia mengakhiri.

Reporter: Ratu Annissa [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini