Anies Lapor Wapres: Persentase Kematian Corona di Jakarta Dua Kali Lipat Dunia

Kamis, 2 April 2020 17:55 Reporter : Merdeka
Anies Lapor Wapres: Persentase Kematian Corona di Jakarta Dua Kali Lipat Dunia Anies siapkan hotel BUMD DKI untuk tenaga medis. ©Facebook/Anies Baswedan

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaporkan perkembangan penanganan Virus Corona atau Covid-19 kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin melalui video conference, Kamis (2/4). Salah satu laporan Anies mengenai tingkat kematian atau case fatality rate (CFR) akibat virus corona atau Covid-19 di Jakarta yang lebih tinggi dua kali lipat dari persentase global.

Berdasarkan data yang ada, terdapat 885 kasus positif Covid-19 di Jakarta. Dari angka itu, 53 orang dinyatakan sembuh dan 90 orang meninggal.

"Artinya case fatality rate nya sekitar 10 persen Pak Wapres. 10 persen itu adalah lebih dari dua kali lipat dibandingkan angka rata-rata global itu 4,4 persen," kata Anies Anies melalui video conference bersama Wapres Ma'ruf Amin, Kamis (2/4).

Selain itu, dia menyatakan saat ini sudah ada 438 pemulasaran dan pemakaman di Jakarta yang menggunakan prosedur Covid-19. Salah satunya jenazah dibungkus menggunakan plastik.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan, sebagian bukanlah pasien yang dinyatakan positif Covid-19. Namun ada pula yang belum sempat dites namun sudah meninggal.

"Banyak kasus sesudah dimakamkan hasil tes keluar, kasus-kasus seperti ini semua dimakamkan dengan prosedur jenazah covid," ucap dia.

Sementara itu, Anies juga mendesak agar pemerintah pusat segera memberikan status PSBB kepada DKI Jakarta.

"Yang kami butuhkan terkait dengan pemerintah pusat pertama adalah menyegerakan untuk dapatkan status (PSBB) agar kita bisa keluarkan peraturan," jelas Anies.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini