Anies: DKI Hanya Bantu, Pengelolaan Pencari Suaka ada di UNHCR dan Pusat

Sabtu, 31 Agustus 2019 11:02 Reporter : Merdeka
Anies: DKI Hanya Bantu, Pengelolaan Pencari Suaka ada di UNHCR dan Pusat Pengungsi pencari suaka. ©2019 Merdeka.com/Paquita

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah berupaya sebaik mungkin dalam membantu para pencari suaka di Kalideres, Jakarta Barat. Namun, kewenangan tidak dimiliki pihaknya.

Anies menyerahkan permasalahan ini ke pemerintah pusat dan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).

"Pemprov DKI itu membantu atas dasar kemanusiaan, kewenangan dimiliki oleh UNHCR dan pemerintah pusat. Tapi karena faktanya ada pribadi yang statusnya pengungsi ada di wilayah Jakarta, maka atas prinsip kemanusiaan yang adil dan beradab itulah menyantuni," ungkap Anies usai acara di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu (31/8).

Meski begitu, Anies mengaku juga tak bisa hanya tinggal diam melihat kesulitan yang dihadapi pencari suaka. Dia pun terus mendorong untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Itulah mengapa bantuan kebutuhan dasar seperti makan dan minum disediakan atas dasar rasa kemanusiaan.

"Kita tidak boleh diam begitu saja, pribadi yang membutuhkan bantuan apalagi kebutuhan dasar minum, makan, MCK itu kan kebutuhan dasar sekali," ungkapnya.

"Jadi kita di Jakarta membantu prinsip kemanusiaan, tapi kalau pengelolaan semua ada di UNHCR dan pemerintah pusat," dia mengakhiri.

Reporter: Ratu Annissa Suryasumirat

Sumber: Liputan6.com [rnd]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini