Mengenal Singkatan HRD, Lengkap dengan Fungsi hingga Tugasnya

Rabu, 2 September 2020 18:45 Reporter : Novi Fuji Astuti
Mengenal Singkatan HRD, Lengkap dengan Fungsi hingga Tugasnya ilustrasi wawancara kerja. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan dan kerap wara-wiri mengikuti wawancara pasti kerap bertemu tim HRD yang bertugas mengatur rekrutmen karyawan atau bisa jadi kamu sedang melamar posisi HRD di suatu perusahaan. Meskipun istilah HRD tak asing lagi di telinga sebagian besar orang, tapi kenyataannya masih banyak yang bahkan belum mengetahui kepanjangan dari HRD.

Selain itu, masih banyak juga yang masih belum paham fungsi dan tugas HRD. Jika kamu termasuk orang yang belum memahami istilah HRD baik itu fungsi maupun tugasnya. Maka sudah seharusnya kamu mencari tau terlebih dahulu sebelum melamar pekerjaan untuk posisi tersebut.

Human Resource Department (HRD) atau departemen sumber daya manusia merupakan suatu bagian atau unit yang biasanya mengenai berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas suatu organisasi atau perusahaan demi tercapainya tujuan yang sudah ditentukan.

Lebih jauh lagi berikut ini informasi mengenai singkatan HRD, lengkap dengan fungsi hingga tugasnya telah dirangkum merdeka.com melalui maxmanroe.com dan library.binus.ac.id:

2 dari 4 halaman

Mengenal Singkatan HRD

HRD merupakan singkatan dari Human Resources Development atau suatu departemen dari perusahaan yang tugas utamanya mengelola sumber daya manusia di perusahaan tersebut. Mulai dari tugas perencanaan yang sering disebut perencanaan SDM, rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, manajemen kerja, gaji, dan menumbuhkan hubungan kerja.

tantangan nyata ketika masa bekerja dari rumah diperpanjang lagi
©Shutterstock

Ada pendapat lain juga yang mengatakan pengertian HRD merupakan suatu rangkaian kegiatan di dalam organisasi yang dilakukan secara terorganisir dan dalam waktu tertentu dengan tujuan untuk meningkatkan mutu kerja dan kemampuan karyawan.

3 dari 4 halaman

Fungsi HRD

1. Fungsi Internal
Fungsi internal Human Resource Department (HRD) adalah untuk melakukan perencanaan SDM, perekrutan, orientasi, pengembangan SDM, manajemen kinerja, penentuan gaji atau kompensasi, dan menumbuhkan hubungan kerja. Selain itu, pihak HRD juga bertanggungjawab atas pengadaan kegiatan pelatihan terhadap sumber daya manusia agar dapat bekerja sesuai dengan harapan perusahaan.


2. Fungsi Eksternal
Sedangkan fungsi eksternal Human Resource Department (HRD) adalah menyediakan konseling di luar perusahaan kepada tenaga kerja. Namun, dalam pelaksanaannya tentu saja harus memperhatikan tingkat kemampuan dan kemauan dari pihak yang akan mengikuti konseling tersebut.

4 dari 4 halaman

Tugas HRD

  • Persiapan

Tugas HRD yang pertama adalah melakukan persiapan. Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam hal persiapan, antara faktor internal dan faktor eksternal lainnya. Faktor internal meliputi jumlah kebutuhan dalam persiapan untuk karyawan baru, struktur organisasi, departemen terkait, dan sebagainya. Sedangkan faktor eksternal dalam hal persiapan termasuk hukum ketenagakerjaan, pangsa kondisi tenaga kerja, dan sebagainya

  • Rekrutmen Tenaga Kerja

Tugas HRD berikutnya adalah rekrutmen yang merupakan suatu proses untuk mencari calon atau karyawan yang dapat memenuhi kebutuhan sumber daya manusia dari organisasi atau perusahaan. Pada tahap ini HRD perlu menganalisis posisi yang ada untuk membuat deskripsi pekerjaan (job description) dan juga spesifikasi pekerjaan (job spesifikasi).

  • Seleksi Tenaga Kerja

Definisi Seleksi tenaga kerja adalah suatu proses yang dilakukan untuk menemukan pekerjaan yang tepat dari sekian banyak kandidat. Langkah yang diambil dalam proses seleksi tenaga kerja, yang melihat resume atau CV, melakukan seleksi awal berdasarkan CV pelamar, memanggil pelamar untuk tes wawancara, tes calon karyawan dengan tes tertulis, proses wawancara kerja, dan proses selanjutnya.

  • Pengembangan dan Evaluasi Karyawan

Selanjutnya, agar tenaga kerja atau karyawan dapat memberikan kontribusi optimal kepada perusahaan atau organisasi, maka dia harus menguasai tugas pekerjaan dan tanggung jawab. Proses pengembangan dan evaluasi karyawan dilakukan sebagai pembekalan agar tenaga kerja dapat lebih terkontrol dan ahli di bidangnya, serta meningkatkan kinerja yang ada.

  • Penyediaan Kompensasi dan Perlindungan Karyawan

Tugas HRD berikutnya adalah mengurusi penyediaan kompensasi dan perlindungan karyawan. Kompensasi merupakan imbalan atau upah bagi karyawan secara teratur kontribusi organisasi atau perusahaan. Kompensasi harus tepat dan sesuai dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ada di lingkungan eksternal untuk menghindari masalah tenaga kerja atau membahayakan organisasi atau perusahaan.

[nof]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. HRD
  3. Lamaran Kerja
  4. Ragam
  5. Jabar
  6. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini