Mengenal Penyakit Miom, Perhatikan Gejala hingga Cara Mengatasinya

Kamis, 21 Januari 2021 13:18 Reporter : Novi Fuji Astuti
Mengenal Penyakit Miom, Perhatikan Gejala hingga Cara Mengatasinya Ilustrasi sakit perut. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/wavebreakmedia

Merdeka.com - Penyakit miom yang dalam bahasa medis dikenal atau disebut dengan adenomyosis atau fibroid atau leiomyoma merupakan tumor jinak. Struktur utamanya adalah otot dan disertai jaringan ikat bertempat pada rahim sehingga terbentuk padat karena jaringannya dominan dan lunak karena otot rahim mioma terjadi 20%-25% perempuan usia produktif.

Penyebab miom tidak diketahui secara pasti, akan tetapi tampaknya dipengaruhi oleh kadar estrogen. Miom sering bertambah besar selama kehamilan dan mengecil setelah menopouse. Selama penderita masih mengalami siklus menstruasi, kemungkinan miom akan terus tumbuh meskipun pertumbuhannya sangat lambat.

Kebanyakan miom tumbuh tanpa menimbulkan keluhan atau gejala. Pada perempuan lain mungkin mengeluh pendarahan menstruasi lebih banyak dari biasanya, atau nyeri sewaktu menstruasi, perasaan penuh dan ada tekanan pada rongga perut atau keluhan anemia karena kurang darah.

Untuk mengatasi penyakit miom secara cepat maka kamu perlu mengenali gejalanya sedini mungkin. Berikut ini informasi lengkap mengenai penyakit miom, perhatikan gejala hingga cara mengatasinya telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.

Baca Selanjutnya: Gejala Penyakit Miom...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini