Mengenal Kucing Burma: Ciri-ciri, Kepribadian, serta Masalah Kesehatannya

Sabtu, 25 Juni 2022 10:15 Reporter : Andre Kurniawan
Mengenal Kucing Burma: Ciri-ciri, Kepribadian, serta Masalah Kesehatannya Kucing Burma. icatcare.org

Merdeka.com - Kucing Burma bagi beberapa orang masih terdengar asing. Kucing Burma salah satu ras kucing yang tak kalah menggemaskan dari ras kucing lainnya. Persia, anggora, atau siam mungkin adalah jenis kucing ras yang banyak dikenal oleh masyarakat.

Tapi, jika Anda bingung ingin memelihara kucing ras yang mana, Anda bisa mencari informasi tentang kucing Burma. Sama seperti namanya, kucing Burma berasal dari Burma. Meski begitu, kucing Burma yang kita kenal saat ini berasal dari Amerika.

Mata emasnya akan mengawasi Anda dari kepala bundarnya yang lucu. Kucing Burma memiliki bulu yang pendek dengan tekstur yang lembut dan berwarna cokelat kehitaman. Namun saat ini, sudah banyak bermunculan variasi warna dari kucing Burma ini.

Jika Anda tertarik ingin memelihara kucing Burma, Anda harus tahu bagaimana ciri-ciri dan sifatnya. Untuk itu, artikel ini akan menyampaikan ciri-ciri dari kucing Burma yang dirangkum dari laman cats.lovetoknow.com.

2 dari 4 halaman

Ciri-ciri Kucing Burma

Kepala

Kepala kucing burma memiliki penampilan bulat tidak peduli dari sudut mana dia dilihat. Terdapat lebar yang ideal antara mata mereka, yang berwarna antara kuning ke emas. Telinganya berukuran sedang, lebar di pangkal dan membulat di ujungnya. Kedua telinga ini sedikit miring ke depan.

Tubuh

Kucing burma adalah kucing berukuran sedang, berotot dan cukup padat. Yang jantan biasanya sedikit lebih besar dari betina, tetapi kedua jenis kelamin ini memiliki dada yang lebar dan punggung yang rata. Ekornya berukuran sedang dan lurus.

Kaki dan Cakar

Kucing Burma memiliki kaki yang proporsional dengan ukuran tubuhnya, dan cakarnya bulat dengan lima jari di kaki depan dan empat jari di kaki belakang.

Bulu

Bulu dari kucing burma pendek dan teksturnya seperti satin dan terlihat glossy.

3 dari 4 halaman

Kepribadian Kucing Burma

kucing burma
burmesecats.eu

Pesona kucing Burma tak hanya berasal dari tampilannya. Kepribadian dari kucing Burma juga menjadi nilai tambah yang membuatnya semakin lengkap.

Penyayang

Kucing Burma dikenal sangat penyayang. Mereka akan mengikuti pemiliknya ke mana dia pergi. Kucing Burma adalah tipe kucing yang akan selalu menemukan jalannya ke pangkuan dan ke tempat tidur Anda. Mereka juga dikenal ramah dan suka bermain dengan anak-anak.

Menyenangkan

Kucing Burma ini tampaknya merasa bahwa mereka memiliki tugas untuk menghibur teman manusianya. Jadi bukan hal yang aneh jika beberapa kucing Burma suka belajar bermain lempar tangkap, dan jika Anda sedang tidak berminat untuk bermain, maka bukan masalah bagi mereka. Kucing-kucing ini dapat menghibur diri mereka sendiri dan dengan senang hati membiarkan Anda beristirahat.

Cerdas dan Berpikiran Lurus

Tapi Anda juga perlu berhati-hati, karena kucing Burma juga bisa sangat keras kepala jika mereka sudah menetapkan pikiran mereka pada sesuatu, sehingga Anda akan sulit untuk membujuk mereka ke tujuan sebaliknya. Mereka juga dikenal cukup vokal dan akan memberi tahu Anda bagaimana perasaannya pada waktu tertentu.

Kucing dalam Ruangan

Kepribadian ini bisa dianggap sebagai plus atau minus, tergantung bagaimana Anda melihatnya, tetapi kucing Burma juga sangat bergantung pada pemiliknya untuk menjaganya. Jika mereka secara tidak sengaja melarikan diri dan tersesat, kucing Burma memiliki peluang yang lebih kecil dari kucing pada umumnya untuk bertahan hidup sendiri.

4 dari 4 halaman

Masalah Kesehatan Umum Kucing Burma

Sama seperti manusia, kesehatan kucing juga perlu diperhatikan, karena tetap ada masalah kesehatan yang dapat menyerang hewan peliharaan Anda kapan saja.

Secara umum, kucing Burma cukup sehat, meskipun beberapa gangguan telah dicatat pada ras ini, seperti :

  • Rawan diabetes, terutama bagi kucing tua dan kucing yang perlu menurunkan berat badan. Penyakit ini berfungsi sama seperti diabetes pada manusia dan mempengaruhi sistem endokrin.
  • Sindrom kucing berdada datar, yang merupakan kelainan bentuk dada yang mempengaruhi anak kucing dan membuatnya sulit bernapas. Pada beberapa anak kucing, gangguan tersebut hilang saat mereka menjadi dewasa, sedangkan yang lain memerlukan pembedahan untuk memperbaiki kondisinya.
  • Keratokonjungtivitis sicca kongenital, atau penyakit mata kering, melibatkan peradangan pada kornea dan konjungtiva di mata kucing.
  • Fibroelastosis endokardium primer adalah penyakit jantung bawaan yang dapat menyerang anak kucing di antara usia 3 minggu sampai 4 bulan. Anak kucing yang memiliki kondisi ini jarang bertahan hidup hingga dewasa.
  • Meningoencephalocele, atau cacat kepala kucing Burma, adalah penyakit bawaan lain yang menyebabkan kelainan bentuk pada kepala kucing. Anak kucing yang memiliki kondisi ini biasanya di-eutanasia karena mereka tidak mungkin hidup lama.

Kebanyakan kucing Burma mungkin sangat jarang mengalami salah satu dari masalah ini, tetapi akan lebih baik untuk menyadari setiap kondisinya.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini