Manfaat Tomat untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak, Ketahui Cara Pemakaiannya

Sabtu, 25 Juni 2022 14:50 Reporter : Andre Kurniawan
Manfaat Tomat untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak, Ketahui Cara Pemakaiannya Ilustrasi tomat. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Kulit berjerawat dan berminyak adalah dua hal yang tak boleh kita biarkan berlama-lama di wajah. Produk perawatan kulit pun menjadi incaran demi menghilangkan masalah-masalah kulit di wajah.

Padahal, untuk mengatasi beberapa masalah kulit seperti jerawat dan kulit berminyak, Anda bisa mendapatkan bahan alami yang mungkin sering Anda konsumsi. Tomat adalah salah satunya, yang memberikan manfaat tomat untuk wajah berjerawat dan berminyak.

Adanya manfaat tomat untuk wajah berjerawat dan berminyak disebabkan karena sifat asam dan astringennya, serta kandungan vitamin dan nutrisi lainnya di dalam makanan ini.

Selain manfaat tomat untuk wajah berjerawat dan berminyak, tomat juga kaya akan likopen, antioksidan yang dapat memperbaiki kulit rusak dan mengembalikan cahaya alami dan sehat.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas terkait manfaat tomat untuk wajah berjerawat dan berminyak serta kegunaannya untuk kesehatan kulit lainnya.

2 dari 5 halaman

Manfaat Tomat untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak

Jerawat dan kulit berminyak adalah masalah kulit yang umum di kalangan remaja dan orang dewasa. Ketika kita berusaha mencari cara mengatasinya, terkadang sesuatu yang sederhana seperti manfaat tomat untuk wajah berjerawat dan berminyak dapat digunakan untuk membantu kita.

Dilansir dari laman bebeautiful.in, tomat mengandung bahan pembersih dan juga sekaligus membantu memperbaiki tingkat pH kulit, sehingga dapat mencegah jerawat dan meminimalkan jerawat dengan sangat baik.

Sedangkan kulit berminyak sendiri dapat menghambat penampilan secara keseluruhan serta mempersulit untuk mempertahankan riasan. Jika Anda ingin segera menghilangkan jerawat dan kulit berminyak, coba gunakan tomat untuk mendapatkan manfaat tomat untuk wajah berjerawat dan berminyak.

Kulit berminyak sendiri adalah penyebab jerawat. Jadi untuk ketika Anda mampu mengatasi kulit berminyak, Anda juga sudah mengambil langkah untuk mencegah jerawat muncul di wajah.

Untuk merasakan manfaat tomat untuk wajah berjerawat dan berminyak, Anda bisa mencoba ramuan tomat berikut:

  1. Ambil daging dari satu tomat dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial pohon teh ke dalamnya.
  2. Aduk rata dan oleskan ke seluruh wajah lalu biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas.
  3. Ulangi dua hingga tiga kali seminggu untuk merawat kulit berjerawat Anda.

Sedangkan bagi kulit berminyak, Anda bisa mencoba cara berikut:

  1. Potong tomat menjadi dua dan gosokkan ke seluruh wajah.
  2. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas untuk mendapatkan kulit yang halus dan lembut.
  3. Dengan penggunaan yang teratur, akan mengatasi masalah kulit yang terlalu berminyak dan menyeimbangkan tingkat pH alami kulit Anda.
3 dari 5 halaman

Merangsang Produksi Kolagen

015 destriyana

©2015 Merdeka.com/shutterstock

Selain memberi manfaat pada kulit yang berjerawat dan berminyak, tomat juga memiliki manfaat lainnya untuk mendukung kesehatan kulit.

Dikutip dari Healthline, tomat dinilai dapat merangsang produksi kolagen. Tomat adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga dapat membantu merangsang produksi kolagen.

Ketika diterapkan secara topikal, vitamin C dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini dianggap bisa membuat kulit jadi lebih kencang.

Membantu Mengangkat Sel Kulit Mati

Beberapa orang mengklaim bahwa enzim dalam tomat dapat memberikan manfaat eksfoliasi ketika dioleskan ke kulit.

Untuk membuat scrub tomat, campurkan gula dan tomat yang sudah dihaluskan. Kemudian gosokkan scrub pada tubuh Anda, tetapi hindari wajah Anda. Kristal gula terlalu kasar dan dapat menyebabkan luka pada kulit wajah, yang lebih tipis daripada kulit di bagian tubuh lainnya.

 

4 dari 5 halaman

Memiliki Sifat Anti-Penuaan

Vitamin B sangat penting untuk kesehatan kulit. Dan tomat memiliki banyak vitamin ini, seperti

  • B-1
  • B-3
  • B-5
  • B-6
  • B-9

Vitamin ini memiliki sifat anti-penuaan yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan kerutan. Vitamin B juga berkontribusi pada perbaikan sel. Vitamin B juga dapat mengurangi hiperpigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari.

Dapat Melembapkan Kulit

Seiring dengan perkembangan pengobatan alami dan tradisional, beberapa orang mengklaim bahwa Anda juga bisa mengoleskan jus tomat ke kulit kering untuk membantu memberikan kelembapan.

Tomat adalah sumber potasium yang sangat baik. Menurut penelitian, penurunan kadar kalium dapat menyebabkan kulit kering pada orang dengan dermatitis atopik, sejenis eksim.

Namun, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa jus tomat dapat digunakan secara topikal untuk memberikan manfaat yang sama seperti pelembap tradisional.

 

5 dari 5 halaman

Membantu Melawan Kerusakan Sel

Radikal bebas dapat merusak sel-sel di kulit Anda. Ini akan meningkatkan risiko keriput dan tanda-tanda penuaan.

Tomat mengandung antioksidan, seperti likopen dan vitamin C. Dengan mengonsumsi tomat dapat membantu memberikan tubuh Anda asupan antioksidan ini. Dan pada gilirannya, dapat membantu melawan radikal bebas.

Anda juga dapat mencoba mengoleskan masker tomat, meskipun tidak ada bukti bahwa aplikasi topikal tomat memberikan manfaat antioksidan pada kulit Anda.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini