Khasiat Tomat untuk Kesehatan, Cegah Diabetes hingga Kanker

Kamis, 17 Februari 2022 10:30 Reporter : Novi Fuji Astuti
Khasiat Tomat untuk Kesehatan, Cegah Diabetes hingga Kanker Ilustrasi tomat. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Khasiat tomat untuk kesehatan sangat banyak. Tomat merupakan tanaman yang berasal dari benua Amerika. Buah tomat terkenal mengandung vitamin A dan C, serta senyawa anti penyakit yang baik untuk kesehatan terutama likopen.

Likopen merupakan zat warna merah yang paling banyak terdapat pada buah tomat. Khasiat tomat untuk kesehatan berasal dari kandungan nutrisinya. Tomat mengandung saponin, asam folat, asam malat, asam sitrat, bioflavonoid, protein, vitamin B1, vitamin B2 dan masih banyak lainnya.

Untuk mendapatkan khasiat tomat, bisa dengan cara mengonsumsi secara langsung atau mengolahnya menjadi jus. Lebih jauh berikut ini khasiat tomat untuk kesehatan, cegah diabetes hingga kanker telah dirangkum merdeka.com melalui healthline.com dan berbagai sumber lainnya pada Kamis, (17/2/2022).

2 dari 2 halaman

Khasiat Tomat untuk Kesehatan


1. Cegah Diabetes

Khasiat tomat untuk kesehatan yang pertama adalah dapat menjadi makanan pelindung bagi penderita diabetes. Dari studi yang dipublikasikan oleh NIH, penderita diabetes yang makan tomat selama 30 hari.

Mereka mengalami penurunan peroksidasi lipid, reaksi berantai di mana zat yang disebut radikal bebas menyerang lemak, yang menyebabkan kerusakan pada jantung. Reaksi ini sangat penting, karena diabetes bisa melipatgandakan stroke dan serangan jantung. Manfaat makan tomat akan membantu mengurangi risiko tersebut.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Khasiat tomat untuk kesehatan berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan mata. Pasalnya tomat dipercaya kaya akan likopen dan beta karoten. Ini adalah antioksidan kuat yang telah terbukti melindungi mata terhadap kerusakan, perkembangan katarak, dan degenerasi makula terkait usia.

Studi penyakit mata karena usia menemukan bahwa orang-orang dengan asupan makanan tinggi karotenoid lutein dan zeaxanthin, keduanya ada dalam tomat, mengalami penurunan 35 persen dalam risiko gangguan mata.

3. Melancarkan Pencernaan
Rutin mengonsumsi tomat dipercaya baik untuk melancarkan pencernaan. Hal ini tak lain karena tomat dipercaya mengandung banyak air dan serat yang dapat membantu melembapkan dan mendukung pergerakan usus yang normal.

Khasiat tomat untuk kesehatan sebagai buah pencahar yang efektif. Serat dalam tomat menambah kotoran pada tinja dan membantu mengurangi sembelit, sehingga pencernaan jadi lebih lancar.

4. Menurunkan Tekanan Darah
Khasiat tomat juga dapat menurunkan tekanan darah. Mengingat buah yang asam ini bisa jadi asupan natrium yang rendah membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Namun, meningkatkan asupan kalium juga penting karena efek pelebarannya pada arteri.

Studi menunjukkan bahwa kalium tinggi dan natrium yang rendah berkaitan dengan penurunan risiko kematian sebesar 20 persen.

5. Cegah Kanker
Kanker merupakan pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali yang menyebar di luar batas normalnya. Penyakit berbahaya yang seringkali menyerang bagian tubuh lainnya. Studi observasi mencatat hubungan antara manfaat makan tomat mentah dan olahan tomat, mengurangi risiko kanker prostat, paru-paru, dan perut.

Sementara kandungan likopen yang tinggi diyakini berperan penting atas hal itu. Sebuah penelitian pada wanita, menunjukkan bahwa konsentrasi tinggi karotenoid yang ditemukan dalam jumlah tinggi pada tomat, mampu melindungi dari kanker payudara. Khasiat tomat untuk kesehatan bisa mencegah kanker.

6. Mengurangi Kadar Lemak
Khasiat tomat untuk kesehatan berikutnya adalah mengurangi kadar lemak. Buah tomat terkenal mengandung banyak vitamin serta zat lainnya yang dibutuhkan tubuh sehingga dapat menyeimbangkan kadar lemak dalam tubuh serta menjadikan tubuh kamu tidak gendut. Buah tomat mengandung banyak vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin A, C, K, folat, potasium, serat, dan air.

Ini membuat tomat menjadi salah satu minuman alami yang kaya nutrisi bagi semua orang. Sodium, lemak jenuh, dan kolesterol dalam tomat juga rendah sehingga cocok dikonsumsi oleh siapa saja. Tak hanya itu, tomat juga memiliki kalori yang rendah sehingga baik untuk menurunkan berat badan.

[nof]

Baca juga:
Penyebab Skiatika yang Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mencegahnya
Manfaat Tomat Kecil untuk Wajah, Bisa Bantu Merangsang Produksi Kolagen
Manfaat Masker Tomat untuk Jerawat Serta Cara Membuatnya, Simak Langkahnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini