8 Penyebab Lidah Bengkak yang Perlu Diwaspadai, Bisa karena Alergi hingga GERD

Rabu, 17 Agustus 2022 16:00 Reporter : Andre Kurniawan
8 Penyebab Lidah Bengkak yang Perlu Diwaspadai, Bisa karena Alergi hingga GERD ilustrasi lidah. ©www.healthiswealthofheart.com

Merdeka.com - Lidah adalah otot vital dan serbaguna yang membantu pencernaan makanan dan membantu Anda berbicara dengan benar. Sayangnya, kesehatan lidah mungkin tidak banyak diperhatikan seperti kesehatan organ lain.

Padahal lidah juga sama seperti organ dalam tubuh lainnya, yang bisa terkena gangguan atau kondisi yang memengaruhi kesehatan lidah. Lidah bengkak adalah salah satu dampak yang bisa muncul jika kita mengabaikan kesehatan lidah.

Penyebab lidah bengkak ada banyak. Beberapa di antaranya mungkin langsung bisa Anda kenali seperti cedera pada mulut atau alergi. Penyebab lain mungkin akan sulit dikenali, seperti efek samping obat atau kondisi kesehatan yang tidak terdiagnosis.

Pembengkakan lidah Anda bisa menjadi masalah yang mengganggu, meski tidak berbahaya. Namun, kondisi ini juga bisa menjadi pertanda kondisi lain yang serius.

Dalam artikel ini, kami akan membahas kemungkinan penyebab lidah bengkak sebagaimana yang dilansir dari verywellhealth.com.

2 dari 5 halaman

Reaksi Alergi

kosmetik
Ilustrasi alergi © Furleybio.com

Penyebab lidah bengkak pertama karena alergi. Alergi makanan dan reaksi alergi terhadap bahan kimia adalah penyebab paling umum dari lidah bengkak. Anda mungkin hanya mengalami reaksi alergi ringan yang akan membaik dengan sendirinya. Namun, pembengkakan yang disebabkan oleh anafilaksis serius dapat mengancam jiwa.

Gejala reaksi alergi biasanya dimulai dalam beberapa menit atau jam setelah kontak dengan alergen (misalnya, kacang, susu, telur, biji wijen, kedelai, gandum, ikan, dan lain sebagainya). Atau, Anda mungkin juga memiliki reaksi alergi terhadap produk non-makanan.

Misalnya, dokter gigi sering melihat pasien yang memiliki reaksi terhadap perasa, pewarna, dan bahan kimia tambahan dalam pasta gigi, obat kumur, pembersih gigi, dan produk perawatan mulut lainnya.

Obat-obatan

Penyebab lidah bengkak kedua karena obat-obatan. Angioedema adalah istilah medis untuk pembengkakan di bawah kulit. Biasanya, ini mengacu pada pembengkakan yang disebabkan oleh alergi.

Setelah alergi makanan, reaksi obat adalah penyebab paling umum dari angioedema pada wajah, bibir, atau lidah. Reaksi terjadi ketika tubuh melepaskan terlalu banyak bahan kimia sistem imun yang diperlukan untuk membuka pembuluh darah (bradikinin).

Banyak resep dan obat bebas (OTC) dapat menyebabkan pembengkakan lidah non-alergi. Dalam kasus yang jarang, lidah yang bengkak bisa menjadi efek samping dari obat-obatan.

3 dari 5 halaman

Kondisi Kulit

Penyebab lidah bengkak yang ketiga karena kondisi kulit. Penyakit kulit dapat menyebabkan iritasi lidah sehingga menyebabkan sedikit pembengkakan. Misalnya, sariawan dan erosi gigi dapat menyebabkan jaringan di sekitar lidah membengkak.

Berikut beberapa contoh penyakit kulit yang mungkin membuat lidah Anda membengkak:

Pemfigus: Ini adalah sekelompok penyakit autoimun yang berpotensi fatal. Pada orang dengan pemfigus, sistem kekebalan menyerang kulit dan selaput lendir, menyebabkan kulit melepuh dan sariawan.

Lichen planus oral: Penyakit yang jarang dipahami ini menyebabkan ruam pada kulit atau mulut.

Psoriasis oral: Kondisi autoimun ini dapat menyebabkan tonjolan atau bintik seperti rambut di permukaan lidah terkelupas dan lidah pecah-pecah.

Trauma

Penyebab lidah bengkak keempat bisa karena trauma. Makan atau minum yang masih panas, menggigit lidah, atau menusuk lidah dapat menyebabkan pembengkakan sementara. Ini akan membaik dalam waktu sekitar lima hari. Jika tidak, temui penyedia layanan kesehatan.

Cedera serius dan tindikan di mulut juga dapat menyebabkan infeksi bakteri yang disebut angina Ludwig yang menyebabkan pembengkakan pada area di bawah lidah. Jika infeksi tidak segera diobati, pembengkakan dapat menyebabkan saluran napas Anda tersumbat total.

4 dari 5 halaman

Infeksi

saluran kemih
© healthmuep.com

Penyebab lidah bengkak yang kelima karena infeksi. Mulut bisa mendapatkan banyak jenis infeksi, termasuk infeksi menular seksual (IMS) yang ditularkan melalui seks oral. Sifilis, gonore, dan human papillomavirus (HPV) dapat menyebabkan peradangan, luka, kutil, atau pembengkakan pada lidah dan jaringan di sekitarnya.

GERD

Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan pencernaan yang menyebabkan asam dari lambung naik kembali ke kerongkongan. Ini dapat menyebabkan iritasi kronis di bagian belakang tenggorokan. Pada beberapa orang dengan GERD, pangkal lidah juga terpengaruh dan mungkin akan membengkak.

Sindrom Sjogren

Sindrom Sjögren adalah penyakit autoimun yang menyebabkan kekeringan pada mata dan mulut. Kondisi ini juga dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar ludah (yang membuat ludah) dan kelenjar lakrimal (yang membuat air mata). Beberapa orang dengan Sjögren memiliki lidah yang terlihat atau terasa bengkak.

5 dari 5 halaman

Kanker

Penyebab lidah bengkak terakhir karena kanker. Kanker lidah adalah penyebab langka dari lidah yang terlihat atau terasa bengkak. Biasanya, ketidaknyamanan ini terkait dengan pertumbuhan kanker (tumor) di lidah.

Tergantung di mana tumor itu berada, Anda mungkin juga merasa seperti memiliki benjolan di mulut atau tenggorokan. Mulut, lidah, dan tenggorokan Anda mungkin juga akan sakit. Dalam beberapa kasus, ketidaknyamanan bisa semakin memburuk sehingga seseorang mengalami kesulitan berbicara, mengunyah, dan menelan.

Pengobatan di Rumah

Jika pembengkakan di lidah Anda tidak terlalu parah, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk membantu meringankan gejala sampai Anda dapat menemui dokter, seperti:

- Makan dan minum sesuatu yang dingin. Sedot es untuk menenangkan mulut dan meredakan pembengkakan.

- Terapkan kebersihan mulut yang baik seperti menyikat gigi dan flossing. Hindari obat kumur yang mengiritasi seperti yang mengandung alkohol.

- Bilas mulut Anda dengan larutan air asin hangat.

- Hindari makanan yang sangat asam atau sangat asin.

- Jika mulut kering menyebabkan lidah tidak nyaman, jagalah agar tetap lembap dengan minum banyak cairan dan menggunakan pelega tenggorokan atau permen karet. Pastikan permen karet atau permen yang Anda pilih bebas gula. Versi ini memiliki bahan (seperti xylitol) yang membuat mulut Anda menghasilkan lebih banyak air liur, yang membantu meredakan mulut kering.

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini