7 Kuliner Balikpapan yang Wajib Dicoba, Enak dan Bikin Ketagihan

Rabu, 13 Oktober 2021 15:15 Reporter : Novi Fuji Astuti
7 Kuliner Balikpapan yang Wajib Dicoba, Enak dan Bikin Ketagihan 10 Cara Membuat Onde-Onde Lembut dan Legit, Camilan Lezat Mudah Dibuat. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Sudah menjadi rahasia umum bila Indonesia tak hanya terkenal karena kekayaan alamnya tetapi juga cita rasa kulinernya yang khas. Setiap daerah di Indonesia bahkan memiliki makanan khasnya tersendiri. Balikpapan menjadi salah satu kota di Kalimantan Timur yang kaya akan sajian kuliner yang enak dan pantang untuk dilewatkan.

Jika dalam waktu dekat kamu berencana mengunjungi Balikpapan, jangan lupa mencicipi sederet kulinernya yang pasti tak akan membuat lidahmu menyesal. Dari yang bercita rasa gurih hingga super pedas tersedia di Balikpapan.

Jangan ragu untuk mengajak sahabat atau keluarga agar momen kulineran kamu jadi lebih seru dan ramai. Pastikan kamu mencatat kuliner Balikpapan apa saja yang ingin kamu coba saat berkunjung ke kota minyak ini.

Berikut 7 kuliner Balikpapan yang wajib dicoba, enak dan bikin ketagihan telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com pada Rabu, (13/10/2021).

2 dari 8 halaman

Abon Kepiting

ilustrasi abon
©Creative Commons/Sakurai Midori

Kuliner Balikpapan yang wajib dicoba pertama adalah abon kepiting. Tentu saja abon ini masih cukup asing di telinga masyarakat Indonesia. Sebab biasanya kita sering menjumpai abon yang beredar di pasaran terbuat dari daging sapi ataupun ayam. Namun, di Balikpapan kamu bisa mencicipi varian abon lainnya, yaitu abon Kepiting.

Selain rasanya enak, abon kepiting juga memiliki daya tahannya yang cukup baik. Tak heran jika abon kepiting juga kerap dijadikan oleh-oleh khas kota minyak, juluk populer untuk Balikpapan.

3 dari 8 halaman

Amplang

Kuliner Balikpapan yang wajib dicoba berikutnya adalah amplang yang merupakan kerupuk khas Balikpapan. Meskipun kerupuk namun dalam pembuatn amplang juga diberi campuran ikan pada adonannya.

Bentuknya pun beragam, ada yang panjang, kuku macan besar dan kecil atau berbentuk panjang kurus. Amplang juga memiliki beragam varian rasa, mulai dari rasa original, bawang, merica, keju, dan rasa lainnya.

Tekstur amplang terbilang renyah sewaktu digigit dengan cita rasa yang gurih. Amplang cocok dijadikan camilan dan memang sering dijadikan oleh-oleh khas dari Kota Balikpapan. Amplang biasanya dijual dengan harga kisaran Rp20.000/pack.

4 dari 8 halaman

Bingka Kentang

bingka kentang
©2014 Merdeka.com

Kalimantan memang identik dengan kuliner bingka. Jika berkunjung ke Balikpapan, salah satu bingka khas dari kota ini yang bisa kamu temukan adalah Bingka Kentang. Disebut demikian memang karena salah satu bahan baku utama dari makanan tradisional khas Balikpapan ini adalah kentang. Dengan cita rasa asli yang manis, kini bingka kentang telah dibuat menjadi berbagai varian rasa mulai dari cokelat, gula merah, hingga pisang dan keju.

5 dari 8 halaman

Roti Mantau

Kuliner khas Balikpapan selanjutnya adalah roti mantau. Jika kamu hanya tahu roti itu dipanggang, roti mantau ini dibuat dengan cara digoreng. Selain itu, jika roti pada umumnya bercita rasa manis, roti mantau ini justru disajikan dengan saus balado ataupun saus lada hitam yang gurih.

6 dari 8 halaman

Bubur Gunting

Barang kali bubur gunting cukup terdengar aneh di telinga kita. Namun, makanan khas Balikpapan ini memang diolah dari tepung ketan. Dalam proses pembuatannya, adonan dari makanan ini nantinya digunting-gunting sebelum dimasak dengan rebusan kuah santan serta gula merah. Cita rasa manis yang dihasilkan dari kuliner ini akan paling cocok disantap dalam keadaan hangat.

7 dari 8 halaman

Mie Hijau

Bagi kamu para pecinta kuliner mie, tentu akan sangat antusias untuk mencoba kuliner khas Balikpapan ini, yaitu mie hijau. Warna hijau dari mienya didapat dari sayur. Jadi kamu tidak perlu khawatir, mie hijau khas Balikpapan sudah pasti lebih aman jika dibanding mie instan. Kamu bisa memasaknya dengan tambahan ayam atau kepiting agar rasanya lebih nikmat dan menggugah selera.

8 dari 8 halaman

Onde-Onde Ubi Ungu

Kuliner Balikpapan selanjutnya adalah onde-onde yang terbuat dari ubi ungu. Bila kebanyakan onde-onde telah mainstream dibuat dari kacang hijau, di Balikpapan kuliner ini menjadi unik karena dibuat dari ubi ungu. Hal itu yang menjadi salah satu ketertarikan wisatawan untuk mencicipi kuliner ini.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini