6 Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Bahan Alami, Aman dan Mudah Dilakukan

Kamis, 21 Oktober 2021 13:05 Reporter : Novi Fuji Astuti
6 Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Bahan Alami, Aman dan Mudah Dilakukan Ilustrasi wajah berminyak. ©Shutterstock.com/iMarin

Merdeka.com - Cara mengatasi wajah berminyak dengan bahan alami dapat mudah dilakukan.Cara mengatasi wajah berminyak dengan bahan alami bisa dilakukan dengan beberapa langkah.

Salah satu masalah kulit yang cukup dikeluhkan banyak orang adalah wajah berminyak. Tak hanya dapat membuat wajah tampak kusam, minyak di wajah juga dipercaya jadi salah satu pemicu munculnya komedo hingga jerawat. Banyak orang rela mengeluarkan biaya yang mahal untuk mengatasi wajah berminyak dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan atau membeli produk perawatan kulit.

Jika kamu sudah menggunakan berbagai macam produk perawatan kulit tapi tak juga merasakan hasil yang maksimal. Tak ada salahnya untuk mencari tahu cara mengatasi wajah berminyak dengan bahan alami. Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitarmu.

Selain lebih murah, bahan-bahan alami tersebut juga relatif aman digunakan dan tidak akan menimbulkan efek samping berkepanjangan di kemudian hari. Berikut ini informasi lengkap mengenai 6 cara mengatasi wajah berminyak dengan bahan alami, aman dan mudah dilakukan telah dirangkum Merdeka.com melalui Liputan6.com pada Kamis, (21/10/2021).

2 dari 2 halaman

Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Bahan Alami

almond
Alibaba


1. Almond
Cara mengatasi wajah berminyak dengan bahan alami yang pertama adalah kacang almond. Kacang almond yang dihaluskan tidak hanya bekerja untuk pengelupasan kulit, tetapi juga membantu mengurangi kelebihan minyak dan kotoran.

Almond bisa dijadikan scrub untuk mengangkat minyak dan kotoran. Caranya adalah dengan menghaluskan almond mentah hingga menjadi 3 sendok teh. Tambahkan 2 sendok makan madu mentah. Oleskan ke wajah dengan lembut dalam gerakan memutar. Biarkan masker selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat, dan keringkan.

2. Teh Hijau
Cara mengatasi wajah berminyak dengan bahan alami berikutnya adalah dengan memanfaatkan teh hijau. Dalam hal ini, polifenol teh hijau dapat membantu mengurangi produksi sebum dan juga bermanfaat dalam mengobati jerawat akibat minyak berlebih. Teh hijau sangat kaya akan epigallocatechin gallate (EGCG), sebuah polifenol yang menurut penelitian dapat mengatasi kulit berminyak.

Kamu hanya perlu mengambil beberapa kantong teh hijau bekas dan simpan di lemari es selama beberapa waktu. Oleskan isi kantong teh dingin ke seluruh wajah. Biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas.

3. Madu
Madu merupakan salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi wajah berminyak selanjutnya. Hal ini tak lain berkat kemampuan antibakteri dan antiseptiknya, madu dapat mengatasi kulit berminyak dan rawan jerawat.

Madu juga merupakan humektan alami, sehingga membantu menjaga kulit tetap lembap tetapi tidak berminyak. Madu bertindak sebagai emolien alami. Ini melembapkan kulit dan mengurangi sekresi minyak secara alami. Sifat antimikroba juga dapat mencegah jerawat timbul.

Cara mengatasi wajah berminyak dengan bahan alami madu ialah pertama-tama siapkan 2-3 sendok teh madu mentah. Cuci tangan sampai bersih, dan bersihkan wajah dari debu dan kotoran. Dengan menggunakan ujung jari, pijatkan madu mentah ke wajah. Biarkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini