5 Makanan Penyebab Kulit Berminyak, Dapat Memicu Munculnya Jerawat

Minggu, 12 September 2021 18:48 Reporter : Andre Kurniawan
5 Makanan Penyebab Kulit Berminyak, Dapat Memicu Munculnya Jerawat Ilustrasi Bakwan Jagung. ©Shutterstock

Merdeka.com - Beberapa orang secara alami memiliki kulit yang lebih berminyak daripada yang lain. Tetapi Anda juga memiliki kekuatan untuk mempengaruhi jumlah dan komposisi minyak di kulit Anda. Sementara banyak orang melakukan rutinitas perawatan kulit, Anda juga bisa menjaga kebersihan kulit Anda secara internal dengan memperhatikan menu makan Anda.

Tapi perlu diingat bahwa kulit berminyak bukanlah masalah. Setiap orang membutuhkan minyak untuk melindungi lapisan luar kulit dari kehilangan terlalu banyak air, dan sebum Anda terdiri dari asam lemak, ceramide, gula, ester lilin, dan senyawa kimia lainnya yang memberikan antioksidan pada kulit.

Yang menjadi masalah adalah ketika Anda mengalami kelebihan pada produksi sebum. Kondisi ini dapat menyumbat pori-pori dan pada akhirnya menyebabkan jerawat yang meresahkan banyak orang. Dan ketika ada ketidakseimbangan seperti kulit yang terlalu berminyak terjadi, biasanya ada ketidakseimbangan terjadi secara internal. Di sinilah kita perlu memperhatikan asupan makan kita.

Menghindari makanan penyebab kulit berminyak termasuk langkah untuk perawatan kulit Anda. Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, berikut adalah makanan penyebab kulit berminyak yang perlu Anda ketahui.

2 dari 4 halaman

Produk Susu

ilustrasi susu gandum
istockphoto.com

Makanan penyebab kulit berminyak yang pertama adalah produk susu. Susu memang bagus untuk kesehatan, tetapi tidak terlalu baik untuk kulit Anda. Kandungan hormon yang tinggi dalam produk susu dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak, yang membuatnya lebih rentan terhadap jerawat. Jadi, alih-alih mengonsumsi produk susu, Anda bisa memilih pilihan lain yang lebih sehat seperti susu almond atau susu kedelai.

Gorengan

Makanan penyebab kulit berminyak yang kedua yakni makanan gorengan. Banyak orang suka dengan makanan gorengan. Makanan ini sudah tak perlu lagi dipertanyakan rasanya. Yang perlu Anda perhatikan adalah gorengan dapat membahayakan kulit Anda.

Banyak penelitian telah menemukan bahwa konsumsi terlalu banyak asam lemak omega-6 dapat menyebabkan jerawat pada kulit dan makanan yang digoreng dengan minyak berat seperti kentang goreng, samosa dan keripik dapat memiliki kandungan asam lemak omega-6 yang tinggi di dalamnya. yang dapat memperburuk kesehatan kulit Anda.

3 dari 4 halaman

Makanan Asin

ilustrasi garam epsomShutterstock

Makanan penyebab kulit berminyak yang ketiga adalah makanan asin. Garam penting untuk selera, diet, dan kesehatan kita, tetapi terlalu banyak garam juga dapat menyebabkan dehidrasi pada kulit.

Ketika kulit Anda mengalami dehidrasi, ia akan melawan kehilangan air dengan memproduksi minyak secara berlebihan. Jadi, makanlah garam dalam kadar sedang untuk menjaga kulit tetap sehat dan bebas minyak.

Alkohol

Makanan penyebab kulit berminyak yang keempat yaitu alkohol. Alkohol membuat kulit kita kering dan dehidrasi, sehingga menyebabkan peningkatan produksi minyak untuk mengkompensasi kehilangan air.

Itu juga membuat kita lebih banyak berkeringat yang bisa menyumbat pori-pori. Jadi, saran yang baik, tentu menghindari alkohol, dan minum lebih banyak air dan jus buah untuk melawan kulit berminyak.

4 dari 4 halaman

Makanan Manis

ilustrasi permen©Pixabay/stevepb

Makanan penyebab kulit berminyak yang yakni makanan manis. Makanan manis tidak hanya meningkatkan kadar glukosa darah Anda, tetapi juga dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan lainnya.

Makanan manis juga buruk untuk kulit, karena dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula bisa menyebabkan peradangan di tubuh, yang merusak kulit dan membuatnya berminyak.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini