10 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil, Baik untuk Fisik Maupun Psikis!

Sabtu, 15 Februari 2020 13:15 Reporter : Fatimah Rahmawati Sutarman
10 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil, Baik untuk Fisik Maupun Psikis! 10 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Setiap wanita yang sedang hamil tentunya menginginkan kondisi kandungan yang sehat dan bisa melahirkan tanpa mengalami kendala apapun. Banyak cara yang dilakukan wanita dalam mempersiapkan kehamilan dan persalinan yang sehat, bisa dengan cara membaca buku tentang kehamilan dan persalinan, mengikuti kelas prenatal, hingga melakukan olahraga yang baik untuk ibu hamil.

Selain berenang, ternyata ada olahraga yang baik untuk ibu hamil dan memiliki banyak manfaat, yaitu yoga.

Yoga merupakan salah satu olahraga yang paling tepat untuk ibu hamil karena yoga merupakan penggabungan antara olahraga fisik dengan pelatihan pernapasan yang sangat baik untuk kehamilan dan persiapan persalinan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rutin melakukan yoga, memiliki risiko yang lebih rendah dalam hal kelahiran prematur. Rata-rata, para ibu yang rajin melakukan yoga memiliki tekanan darah lebih rendah dan perkembangan janin lebih sehat.

Prenatal yoga merupakan bentuk latihan yoga dan meditasi yang dirancang khusus untuk ibu hamil, di mana napas dan posisi tertentu digunakan untuk menenangkan pikiran dan tubuh. Latihan yoga ini dipastikan aman bagi ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan. Apa saja manfaat yoga ini bagi ibu hamil? Berikut dirangkum dari berbagai sumber :

1 dari 10 halaman

1. Membantu Tubuh untuk Tetap Sehat, Kuat, dan Aktif

Saat hamil, tubuh ibu akan mengalami perubahan yang cukup drastis, baik secara fisik, hormonal maupun emosional. Hormon seperti estrogen, progesteron, prolaktin, relaxin, dan oksitosin meningkat tajam dan mengubah tubuh ibu hamil. Berlatih prenatal yoga bisa membantu untuk bisa beradaptasi secara konsisten terhadap perubahan tubuh tersebut.

2 dari 10 halaman

2. Membantu Meningkatkan Keseimbangan Tubuh dan Mengurangi Sakit Pinggang

Masalah umum yang sering dialami ibu hamil biasanya adalah kehilangan keseimbangan tubuh, dan pertumbuhan bayi dalam rahim yang juga sering mengakibatkan sakit pinggang berkepanjangan. Banyak gerakan prenatal yoga yang akan membantu sirkulasi tubuh, melatih keseimbangan tubuh, dan membantu merenggangkan otot pinggang.

3 dari 10 halaman

3. Belajar Teknik Pernapasan

Salah satu teknik yang dilatih dalam yoga adalah teknik pernapasan. Berlatih teknik pernapasan akan memberikan efek yang positif bagi ibu hamil, tidak hanya untuk fisik namun juga untuk mental.

Penting bagi ibu hamil untuk dapat bernapas dengan baik, karena hal ini bisa membantu dalam mengontrol emosi selama kehamilan. Dengan berlatih teknik pernapasan dapat juga meningkatkan kualitas napas dan memaksimalkan asupan oksigen yang baik untuk janin. Tidak hanya itu, berlatih teknik pernapasan juga sangat membantu ibu hamil saat proses kontraksi dan persalinan.

4 dari 10 halaman

4. Membantu Relaksasi dan Lebih Mudah Beristirahat

Di masa kehamilan, ibu hamil mempunyai kecenderungan merasa cemas sepanjang waktu. Selain membuat khawatir dan tidak nyaman, perasaan cemas ini bisa menyebabkan ibu hamil sering sulit tidur. Tidak hanya rasa cemas, saat memasuki trimester ketiga kehamilan, sulitnya memilih posisi tidur juga bisa menjadi penyebab utama ibu hamil mengalami insomnia.

Berlatih prenatal yoga secara rutin bisa memiliki peran besar untuk membantu ibu hamil lebih tenang dan lebih rileks di kala rasa cemas tiba-tiba muncul.

5 dari 10 halaman

5. Melatih Diri dan Mempersiapkan Area Pinggul untuk Proses Melahirkan

Saat hamil, ibu biasanya akan mengalami kehilangan keseimbangan tubuh, dan pertumbuhan bayi dalam rahim yang juga sering mengakibatkan sakit pinggang berkepanjangan. Melakukan prenatal yoga akan membantu sirkulasi tubuh, melatih keseimbangan tubuh dan membantu meregangkan otot pinggang.

Banyak postur atau gerakan dalam prenatal yoga yang ditujukan untuk membantu mempersiapkan otot-otot di area pinggul lebih lentur dan fleksibel untuk proses melahirkan.

6 dari 10 halaman

6. Menjalin Ikatan Mendalam dengan Jabang Bayi

Saat berlatih prenatal yoga, banyak sekali gerakan yang dilakukan yang mengharuskan ibu hamil berkomunikasi dengan bayi yang ada di dalam kandungan. Biasanya instruktur akan mengajarkan bagaimana berkomunikasi dengan bayi yang membuat bayi merasa nyaman, misal mengusap perut sebelum memulai yoga dan meminta ibu memberitahukan sang bayi bahwa sang ibu dan jabang bayi akan bergerak bersama.

7 dari 10 halaman

7. Sosialisasi dengan Ibu Hamil Lainnya

Bergabung dengan komunitas adalah satu hal yang dianjurkan bagi ibu hamil. Dari sisi sosial, ini akan sangat membantu karena bisa saling bertukar cerita tentang apa yang dirasakan. Di kelas yoga, ibu hamil dapat berbagi kekhawatiran, memberi serta mendapatkan saran dari ibu hamil lain yang mengalami masalah yang sama.

Tidak hanya bertukar informasi seputar perubahan tubuh, ibu hamil juga bisa bertukar info seputar rumah sakit, dokter kandungan, bahkan sampai jenis popok bayi yang baik dan tepat untuk dibeli bagi bayi. Tentu hal ini akan sangat membantu ibu hamil untuk tetap merasa bahagia dan bisa mengurangi tingkat stress yang dialami ibu hamil.

8 dari 10 halaman

8. Mengurangi Risiko Terjadinya Komplikasi Kehamilan

Beberapa komplikasi kehamilan dapat dialami ibu hamil. Misalnya, preeklamsia, kehamilan anggur, kehamilan ektopik, dan diabetes gestasional. Akan tetapi, studi pada 2015 dalam American Journal of Perinatology menemukan bahwa praktik yoga prenatal dapat melindungi ibu hamil dari komplikasi tersebut.

Prenatal yoga dapat membuat suasana hati ibu hamil menjadi lebih baik dan mencegah stres. Stres mampu meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur. Namun, dengan melakukan prenatal yoga, ibu hamil bisa mencegah munculnya stres sehingga terhindar dari kedua risiko tersebut.

9 dari 10 halaman

9. Menurunkan Tekanan Darah

Melakukan prenatal yoga dapat membantu menurunkan tekanan darah yang dialami ibu hamil akibat stress. Detak jantung dan tekanan darah usai melakukan prenatal yoga bisa menjadi lebih rendah ketimbang latihan-latihan ringan lainnya, seperti berjalan kaki.

10 dari 10 halaman

10. Menjaga Berat Badan

Aktivitas fisik yang dilakukan pada saat prenatal yoga membuat ibu hamil tetap aktif dan membantu menjaga kenaikan berat badan dengan baik sebelum melahirkan. Kenaikan berat badan yang berlebih pada masa kehamilan, terutama menjelang persalinan, tentu bukan hal yang baik karena bisa menyulitkan proses persalinan.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini