Yanny atau Laurel? Audio ambigu yang hebohkan dunia maya seperti The Dress

Sabtu, 19 Mei 2018 11:05 Reporter : Ferry Sanjaya - Tantri Setyorini
Yanny atau Laurel? Audio ambigu yang hebohkan dunia maya seperti The Dress Yanny atau Laurel. © Instagram

Merdeka.com - Masih ingat, kan dengan perdebatan soal gaun hitam biru atau putih emas yang bikin heboh seluruh dunia itu? Setelah kontroversi seputar gaun itu berakhir masih ada sederet fenomena serupa lainnya yang melanda dunia maya. Kali ini fenomena the dress muncul lagi dalam bentuk audio.

Netizen tengah berdebat mengenai audio Yanny-Laurel yang sedang viral. Sebenarnya audio tersebut berisi 1 kata saja. Lalu apa yang menjadikannya heboh?

Rupanya beberapa pengguna jejaring sosial mendapatkan pemahaman berbeda setelah mendengarkan audio tersebut. Ada yang mendengar audio tersebut sebagai Yanny, dan ada yang kukuh berpendapat bunyinya adalah Laurel.

Seperti fenomena the dress, audio Yanny Laurel ini sukses bikin kehebohan baru di jejaring sosial. Sampai ada kubu-kubunya segala, lho.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? CEO production company Radian Produces mengatakan bahwa itu adalah contoh dari yang namanya Efek McGurk. Ini adalah keadaan ketika kamu mendengar sesuatu yang berbeda dari suara sebenarnya akibat stimulus visual.

Jadi bukan karena ada sesuatu yang berbeda di otakmu atau kemampuanmu yang lebih rendah dari lainnya ya, bukan kok. Sama seperti fenomena the dress, bukan berarti matamu bermasalah.

Buat yang belum dengar, coba deh putar klip di bawah ini. Kamu dengarnya Yanny atau Laurel?

Sumber: KapanLagi.com

[tsr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini