Tips Menyimpan Makanan Sisa Secara Aman

Senin, 16 Desember 2019 11:53 Reporter : Tantri Setyorini
Tips Menyimpan Makanan Sisa Secara Aman Ilustrasi nasi Padang. ©iStock

Merdeka.com - Punya makanan sisa di rumah? Tentunya sayang jika harus dibuang, apalagi jika makanan tersebut memang masih layak makan. Lebih baik disimpan semalam agar keesokan harinya bisa dihangatkan dan disantap lagi.

Tapi Anda perlu hati-hati dalam menyimpan makanan sisa. Jika caranya tidak tepat, makanan bisa basi atau terkontaminasi bakteri. Jika sudah begini, kesehatan Anda yang bakal terancam.

Jadi bagaimana cara menyimpan makanan sisa dengan aman dan tidak membahayakan kesehatan? Berikut ini tipsnya.

1 dari 4 halaman

Pastikan Umur Makanan Tidak Lebih dari 2 Jam Setelah Pemasakan

Saat kita ingin menyimpan makanan, sebaiknya makanan yang disimpan tidak lebih dari 2 jam setelah proses pemasakan. Ini bertujuan aga kualitas rasa dan aroma makanan tetap enak. Ini juga bertujuan untuk menghindari pertumbuhan bakteri serta virus.

2 dari 4 halaman

Simpan di Lemari Es

Usahakan untuk menyimpan makanan sisa di dalam lemari es. Sebelum dimasukkan ke dalam lemari es, tempatkan makanan di wadah khusus menyimpan makanan. Simpan makanan sisa di lemari es dengan suhu di bawah 5 derajat celcius. Makanan yang disimpan di lemari es bisa bertahan paling lama 3 sampai 4 hari.

3 dari 4 halaman

Pisahkan dan Beri Label

Jika memiliki banyak makanan sisa yang perlu disimpan, beri label tanggal di setiap makanan. Ini bertujuan agar kita tidak menyimpan makanan lebih dari 4 hari. Simpan juga makanan di wadah berbeda-beda untuk satu makanan dan makanan lainnya. Hindari menyimpan makanan tertentu di dekat makanan lain yang memiliki aroma menyengat.

4 dari 4 halaman

Hangatkan sebelum Disimpan

Makanan sisa yang hendak disimpan juga bisa dihangatkan dulu sebelum disimpan. Makanan seperti masakan bersantan, rendang, gulai dan kari sangat penting untuk dihangatkan dulu sebelum disimpan demi menghindari masakan basi di lemari es.

Reporter: Mimi Rohmitriasih
Sumber:Fimela.com [tsr]

Baca juga:
Cara Membuat Bawang Merah Goreng dan Bawang Putih Goreng Awet Renyah dan Tidak Gosong
Tips dan Cara Mengolah Lidah Sapi
Cara Memasak Kerang Agar Aman dan Enak Dikonsumsi

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Memasak
  3. Makanan Sehat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini